Home » » 5 Cara Ampuh Mengontrol Lidah yang Tak Bertulang

5 Cara Ampuh Mengontrol Lidah yang Tak Bertulang

Posted by Catatan Ngocol on Friday 1 May 2015

Kita semua tahu bahwa lidah itu tidak bertulang. Apa saja bisa keluar dari mulut adalah hasil bentukan lidah. Kata-kata yang diucapkan keluar dari mulut tanpa bisa dikontrol karena fungsi mulut memang berbicara. Tapi sadarkah kita ada pepatah yang mengatakan bahwa  " Mulutmu Harimaumu", yang maknanya bahwa kata-kata yang keluar dari mulut kadang bisa jadi bumerang bagi kita. Jika kata sudah terlanjur diucapkan dan didengar oleh orang lain maka kata itu sudah bukan milik kita lagi, sudah menjadi konsumsi publik dan susah untuk menariknya kembali.

lidah

Jadi bagaimana cara mengontrol lidah supaya jangan sembarangan ngomong ? Ini dia tips nya :

# 1. Pikir
Pikir dulu baru ngomong, jangan dibalik. Pikirkan apa yang mau kita omongkan. Kalo gak ada yang penting, gak ada manfaatnya mending diam aja. Apalagi kalo yang diomongin itu kabar bohong, bersaksi palsu, menyakiti orang dan bikin orang kesal / marah. Jadi otak jangan hanya jadi aksesoris di kepala, dipake dong !

# 2. Maaf
Kalau terlanjur menyakiti orang lain dengan kata-kata kita sebaiknya minta maaf. Memang itu menantang ego kita untuk merendah memohon kesediaan orang lain untuk memaafkan kesalahan kita. Gak enak kan kalo harus selalu minta maaf ke orang karena kata-kata kita. Mending kalo orangnya mau maafin, kalo enggak bisa nambah musuh karenanya.

# 3. Lingkungan
Hati-hati pilih temen gaul dan temen deket. Cari yang bener-bener baik dan bawa  manfaat buat kita. Jangan cari temen yang bawaannya gosip melulu, bawaannya suka bertengkar sama orang, bawaannya suka bohong, karena kita pasti bakalan ketularan.

# 4. Ingat semua akan dicatat
Kita pasti tahu kalo semua perbuatan dan ucapan kita akan dicatat malaikat dan akan dipertanggung jawabkan di akhirat nanti. Kalo kebanyakan ngomong yang gak berguna, gosip, bohong, nyakitin orang, otomatis catatan jeleknya bakalan banyak. Jangan kata di akhirat di dunia juga bakalan gak ada yang percaya dan mau deket-deket ama kita kalo mulutnya busuk (suka ngomong jelek). Jadi sebelum ngomong ingat malaikat pencatat dan ingat bakalan gak disukai orang di dunia kalo sampe salah ngomong.

# 5. Tebus dengan uang
Jika sekali ngomong salah, bohong, atau ngumpat pake kata kasar minta orang lain mengingatkan dan bayar mereka yang mengingatkan dengan sejumlah uang yang cukup besar. Misalnya sekali ngomong kasar atau ngumpat harus ditebus dengan uang 50 ribu rupiah. Dijamin itu akan menimbulkan efek jera, kecuali kalau mau bangkrut. Kalau gak ada yang mendengar 50 ribunya kasi buat sedekah.

Nah itu dia 5 cara ampuh mengontrol lidah yang tak bertulang. Hati-hati dengan kata-kata. Banyak yang gak selamat karena lidahnya. Semoga bermanfaat.



0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca

Blog Archive

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}