Home » , , » 3 Aturan Sukses yang Simpel Banget

3 Aturan Sukses yang Simpel Banget

Posted by Catatan Ngocol on Thursday 28 May 2015

Mau sukses itu simpel alias sederhana saja. Ada yang bilang katanya kalo mau sukses gak usah banyak mikir, lakuin saja. Padahal itu sebenarnya nasehat yang salah. memang gak boleh banyak mikir, mikirin yang salah, timbang sana timbang sini, akhirnya jadi ragu trus gak dilakuin. Atau kebanyakan mikir akhirnya kesambet setan lewat.

Mau sukses dalam bidang apa aja, dalam pekerjaan apa aja, bahkan sukses ngerjain orang pun harus mengikuti 3 aturan ini. Gak percaya? Kita intip yuks....

Bayi memandang cita-citanya dari atas tebing

Aturan # 1. Kalo kamu gak ngejar cita-cita dan impian, kamu pasti gak akan pernah mencapainya.

  • Coba deh kamu maen layangan, trus datang tuh angin kencang wuieesssssssssssss bikin layangan kamu lepas dari genggaman. Kalo kamu gak ngejar tuh layangan apa mungkin kamu dapetin tuh layangan balik. Atau dompet kamu kecopetan trus kamu baru nyadar setelah copetnya bawa kabur dompetmu, spontan pasti kamu ngejar tu copet, atau minimal teriak copeeeeeeeeeeeeet....trus lari sekuat tenaga sampe ngos-ngosan!!!Syukur-syukur kamu dapetin layangan atau dompetmu kembali. Kalopun ternyata kekuatan angin dan copetnya lebih besar dari kamu, minimal kamu udah berusaha kan. Sukses juga kayak gitu, kalo kamu tinggal nongkrongin TV, gosip ama tetangga, gangguin si Bleky kucing tetangga yang lagi enak-enakan tidur, tanpa ngelakuin apa-apa yang mendekatkan kamu sama cita-cita / impian kamu di jamin kamu pasti sukses.... sukses ngimpi!!!
  • Pengen jadi dokter ya kudu sekolah kedokteran jangan sekolah masak... (gak nyambung banget kan?) Cita-cita itu harus jelas, jangan umum banget...pokoknya pengen jadi orang sukses, titik! Sukses dari segi mana? Sama kasusnya kalo kita pengen liburan, trus ditanyain mau liburan ke mana? Trus kita jawab pokoknya di tempat yang banyak saljunya (maklum belon pernah liat), yeee... itu kan bisa di mana aja... semua negara empat musim kan pada punya salju kalo musim dingin tiba. Jadi harus jelas biar tau tuh cita-cita mau dikejar ke mana.
  • Mau sukses ngerjain orang, ya kamu kudu tau orangnya lagi di mana, ngapain aja dan gimana caranya agar dia bisa masuk jebakan betmen kita. Trus kejar deh tuh orang agar mau ngikutin rencana kita. Pernah liat acara ngerjain orang di TV kan? 
  • Sukses ngejar gebetan juga sama. Kalo kita suka ama dia, tapi cuma di tatap dari balik jendela dan berharap kalo dia bakalan balik dan merhatiin kita, percaya deh itu hanya ada di sinetron ato film. Di dunia nyata mah kita harus kejar dia supaya dia tau kalo kita tuh suka ama dia. Cara ngejarnya yang elegan, jangan kayak ngejar ayam yang lagi kabur dari kandang ya? Kasi sinyal-sinyal (emang lampu disko), perhatian yang lebih, bantuin dia, baikin diam, tunjukin kelebihan dan prestasi kita sampe dia merasa kalo kita ini istimewa. Ngejar kan gak harus selalu identik dengan lari ngos-ngosan ato maksa dia harus mau... yeee.. ini dijamin sukses... sukses di gampar!!

Aturan # 2. Kalo kamu gak nanya kamu gak bakalan tau

  • Pernah denger pepatah, malu bertanya sesat di jalan kan? Kalo kamu mau nyari alamat trus gak tau persisnya, trus kamu males nanya ya kamu pasti muter-muter gak keruan, bisa juga nyasar ke tempat lain. Kalopun kamu semangatnya tinggi dan akhirnya dapet tuh alamat tapi tetep butuh waktu lama di banding kalo kamu udah tau persis alamatnya. Sukses juga kayak gitu. Kalo pengen jadi dokter, nanya-nanya deh sekolah kedokteran yang bagus itu di mana. Nanya-nanya kegiatan dokter itu apa aja, apa tips-tipsnya dia biar bisa jadi dokter yang sukses. Nanya dan nanya !
  • Setiap orang punya pengalaman beda-beda. Gak usah takut dikatain kepo, intinya ngumpulin semua informasi yang diperlukan buat ngedukung langkah kita menuju sukses dan menggapai cita. Kita kan orang baru yang pengen nyemplung pada sesuatu yang baru, yang kita gak tau sama sekali. Informasi dari banyak orang, banyak sumber bisa kita kumpulkan trus dipilah pilih mana yang cocok dan mana yang bisa kita ikutin. Intinya informasi itu penting!
  • Sama aja dengan urusan copet ama layangan di atas. Kalo kita nyasar dan copet ato layangannnya udah gak terdeteksi sementara kita belum menyerah yah kita kan harus nanya sama orang sekitar. Mana tau ada yang liat layangan kita nyangkut di pohon cabe misalnya, ato copetnya ngumpet di kakus tetangga. Intinya, nanya itu perlu. Tapi nanyanya kudu bener ya? Jangan asal! 
  • Sama juga kalo kamu punya gebetan, ya minimal harus nanya siapa namanya, apa udah punya pacar belon, kesukaannya apa. Gk perlu nanya ama dianya langsung, ama temen yang sering jalan ama di aja cukup. Kalo kamu udah tau kan tinggal eksekusi, gimana caranya dapetin hatinya.

Aturan # 3. Kalo kamu gak ambil langkah, pasti cuma jalan di tempat, gak maju-maju.

  • Langkah awal itu perlu. Kamu udah tau pengen jadi apa, sukses di bidang apa, udah ngumpulin informasi gimana caranya sampe sana, tapi kamu pulang tidur trus ngimpi jadi sukses... itu namanya percuma. Kamu pengen jadi dokter tapi kamu gak belajar, gak ngedaftar masuk sekolah kedoteran akhirnya gak lulus atau gak terdaftar masuk di sekolah kedokteran. Jadi dokter itu gak ada jalan lainnya kecuali harus sekolah. Dan bukan cuma kita yang mau jadi dokter, ada bejibun orang lain yang juga mengincar satu bangku di sekolah kedokteran itu. Persaingan ketat, hanya yang terbaik yang bakalan menang. Jadi, siapkan diri dan mulai langkah awal.
  • Hilangkan kebiasaan yang gak manfaat dan gak ngedukung cita-cita kita. Kebiasaan gupil dan kentut di sembarangan tempat, kebiasaan ngorok sampe iler keluar, kebiasaan menguap sampe lalet bisa masuk mungkin gak ngaruh. Tapi kebiasaan buruk, kayak malas, gak jujur, suka menyerah, suka mengkritik, jagonya ngeluh  dan kebiasaan lain yang bikin hati galau sepanjang hari dihilangin ato minimal dikurangin. Kebiasaan buruk itu kayak ban gembos, kamu gak bakalan kemana-mana sampe kamu menggantinya.
  • Sama juga kalo deketin gebetan. Cuma mandangin dia dari jauh dengan harapan dia bakalan tau... ngimpi itu mah! Harus ambil langkah.... (jangan langkah seribu, satu langkah aja cukup). Maksudnya pindah deketin dia, nanya-nanya algi ngapain, apa yang bisa dibantu, kayak poin 2 di atas.
Intinya, sukses itu gak mudah. Jalannya berliku dan hanya orang yang bener-bener pantas meraihnya yang bakalan sukses.


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca

Blog Archive

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}