Home » » Egoiskah Kamu? Ini Dia Tanda-Tandanya...

Egoiskah Kamu? Ini Dia Tanda-Tandanya...

Posted by Catatan Ngocol on Wednesday 8 July 2015

Pada artikel sebelumnya kita udah ngomongin alasan kenapa gak ada yang mau temenan sama kamu? Salah satu alasannya adalah kamu gak tahu gimana jadi teman yang baik, karena kamu punya ciri-ciri egois. Sifat egois yang bagemana sih yang bikin orang lain pada alergi dan gak pengen temenan ama kamu? Kamu mungkin selama ini asik-asik aja dan ngerasa gak ada masalah dalam sikapmu , tapi coba deh kamu perhatikan tanda-tanda berikut ini :

egois

Tanda-Tanda utama kalo kamu tuh egois :


1. Temanmu tampaknya selalu marah sama kamu tapi kamu gak ngerti alasannya.

Kamu suka heran, kok tiba-tiba aja temen kamu nyamperin sambil marah-marah, murka sebenar-benar murka di depan kamu. Perasaan kamu gak salah apa-apa. Malah kamu curigain temen kamu itu sakit gigi ato malah sakit jiwa. Belum lagi kamu merasa dia pengen membunuh karakter kamu.
Well... kalo kejadian begini sering banget terjadi ama kamu.... kudu waspada jangan sampe memang kamu egois, suka ngorbanin orang, yang penting dirimu selamat, suka mikir kepentingan diri sendiri aja tanpa perduli apa itu nyakitin temen kamu. Sepanjang kamu asik-asik aja kamu gak peduli. Kalo kamu terus begini pantas aja gak ada yang mau temenan sama kamu. Kamu orangnya gak asik dan nyebelin...


2. Kamu bikin daftar dalam pikiranmu apa-apa yang temenmu harus lakukan.

Kamu nggak pernah merasa puas dengan apa yang dilakuin temenmu. Kamu merasa kalo mereka belum ngelakuin yang sepantasnya mereka lakukan. Kamu merasa lebih tau apa yang mesti temenmu lakukan ketimbang dirinya. Kamu merasa berkepentingan dengan daftar itu karena terkait dengan urusan kamu. Kamu ngatur gimana orang bersikap yang nguntungin kamu.


3. Kamu marah kalo temenmu punya tugas atau keperluan lain.

Kamu bakalan murka dan nuduh temen kamu gak peduli kalo mereka lebih memilih buat lakuin tugas dan keperluan lain ketimbang nemenin kamu. Kamu nggak ngebolehin orang lain buat ninggalin kamu saat kamu pengen bersama mereka. Kalo kamu punya kekuatan, power, jabatan, kuasa kamu akan gunakan itu buat menekan teman-temanmu agar ngelakuin apa yang kamu bilang.


4. Temenmu ngomong kalo kamu kecewain mereka di masa lalu.

Temenmu ngerasa kecewa sama sikap kamu dan mulai ngomong kalo kamu juga pernah ngecewain mereka di masa lalu. Keluarlah curhat mereka kalo kamu itu egois...!!!


5. Kamu selalu merasa benar setiap saat dan bisa berdebat panjang lebar tentang sesuatu yang remeh.

Kalo ada masalah atau perbedaan pendapat dengan temenmu atau orang lain kamu bakal ngajak mereka debat sampe kamu bisa yakinin mereka kalo pendapatnya salah. Kamu akan berusaha sampe mereka kalah atau mengalah karena gak tahan berdebat sama kamu. Kamu bakalan senang kalo kamu selalu menang dalam setiap perdebatan. Kamu merasa itu nunjukin kualitas hebat dalam dirimu.

Lalu mengapa orang lain dan temen-temenmu pada ninggalin kamu? Jawabannya cuma satu, kamu egois dan nyebelin. Gak enak dijadiin temen, karena kamu hanya berpusat dan fokus pada dirimu dan kamu minta orang lain juga ngelakuin hal yang sama. Sadarlah pertemanan itu take and give, saling memberi dan menerima. Kalo kamu pengen dibantu, bantulah orang terlebih dulu, kalo kamu pengen diperhatiin, perhatiin orang lebih dahulu. Itu sudah hukumnya. Kebaikan kamu bakal narik kebaikan orang lain juga. Dan percaya ato gak, kejahatan yang kamu lakuin bakalan balik lagi ke kamu sejumlah yang sama atau lebih. Makanya ada orang yang terus menerus sial karena memang menarik kesialan secara tidak sadar untuk terus mendatanginya.

Mau punya temen banyak? Perbaiki sikap. Gak ada orang yang gak suka sama orang baik, kalo ada yang gak suka pasti sirik..hehe.. salam...


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca

Blog Archive

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}