Home » » Mengapa Para Pendatang Lebih Sukses dibanding Pribumi?

Mengapa Para Pendatang Lebih Sukses dibanding Pribumi?

Posted by Catatan Ngocol on Friday 24 July 2015

Sebelumnya saya pernah ngebahas mengapa orang keturunan cina di Indonesia lebih berhasil di banding orang Indonesia asli? Kali ini temanya sama tapi lebih menyoroti para pendatang yang nguasain sebuah kampung dan bisa berhasil dari segi ekonomi, termasuk juga para imigran keturunan cina yang rata-rata sukses di luar negeri nenek moyangnya.

pendatang sukses

Saya tinggal di Sulawesi Selatan, adalah hal biasa ngeliat orang-orang tua jaman dulu suka merantau, bawa kapal pinisi membelah lautan buat nyari penghidupan yang lebih baik, Prinsip malu (siri') kalau gak bisa berhasil di kampung sendiri membuat mereka bikin keputusan penting dalam hidup untuk bisa berhasil di kampung orang dan gak bakalan pulang kampung kalo gak sukses. Kesenangan merantau inilah yang bikin orang Bugis Makassar ada dimana-mana.

Yang marak saya liat di mana-mana juga adalah banyaknya orang Jawa yang keluar dari kampung mereka entah itu imbas program transmigrasi yang dulu rame digembar gemborin waktu zaman Orde Baru buat ngurangin kepadatan Pulau Jawa, ato mereka emang niat buat tinggalin kampungnya, nyari peluang yang lebih baik di kampung lain. Seperti juga dominasi suku lain di Papua yang lebih berhasil dibanding pribumi.

Apa yang dimiliki pendatang ini yang bikin mereka sukses?

Pendatang rela ninggalin kampung halamannya atau negaranya demi nyari penghidupan yang lebih baik. Mereka gak datang buat lakuin apa yang mereka suka tapi mereka datang buat ngasilin uang. Kebahagiaan adalah hal terakhir yang ada di pikiran mereka. Apa yang mereka pedulikan adalah gimana caranya nyari uang untuk bertahan hidup. Dengan uang itu mereka bisa nyediain masa depan yang baik buat keluarga dan ngasih pendidikan buat anak-anak mereka.

Yang ngebedain kamu, kaum pribumi dengan pendatang itu kalo kamu diajarin tuk ngelakuin hal yang kamu suka, para pendatang beda. Misalnya kamu pengen jadi astronot, maka ortu dan gurumu bakalan ngarahin kamu menuju cita-cita itu, sementara para pendatang hanya diajarin gimana caranya ngasilin uang buat hidup, titik!

Jam kerja lebih lama

Kalo kebanyakan orang seneng kerja kantoran, pake dasi, duduk manis, atau jadi PNS pekerjaan impian, cuma duduk sambil nunggu hari gajian, para pendatang rela kerja apa aja buat ngedapatin duit. Kalo punya pekerjaan tetap mereka tetap nyambi di pekerjaan lain juga. Kalo kamu pulang kerja udah bisa leha-leha main hape atau laptop, para pendatang masih harus berjibaku dengan kerjaan mereka agar dapet uang lebih.

Hemat

Kalo kamu suka foya-foya sehabis gajian, traktir sana sini, para pendatang memilih berhemat. Menyimpan uang mereka buat keperluan mendesak. Kalo punya uang lebih mereka gak konsumtif tapi kalo perlu mereka kumpulin buat modal usaha. Mereka gak keberatan beli barang bekas, rajin menawar kalo beli apa-apa, ato belanja di tempat yang lagi ngasi diskon. Uang buat mereka berarti banget karena mereka tau gimana susahnya nyari uang.

Sesama pendatang bersatu

Saya biasa merhatiin orang Jawa yang ada di lingkungan saya di Makassar, mereka punya perkumpulan sendiri yang nyatuin semua orang Jawa di Makassar. Ada yang sudah berhasil dan ada yang baru merintis usaha. Mereka saling bantu membantu. Ikatannya begitu kuat. Kalo ada yang baru datang mereka bakal bantu, minimal nyediain tempat tinggal sampe dia bisa dapet kerjaan dan mandiri juga. Banyak yang gak kembali di Jawa lagi tapi nerusin usahanya di sini.

Tau pentingnya pendidikan

Kalo pendatang bawa anak-anaknya mereka rela bekerja siang malam agar anak-anak itu dapat pendidikan yang lebih baik dari mereka. Anak-anak yang jauh lebih terdidik ditambah pengalaman hidup yang susah bikin mereka jauh lebih tegar di saat dewasa. Anak-anak kaum pendatang sudah terbiasa bantu orang tua dari kecil. Mereka paham bahwa orangtuanya kerja keras buat masa depannya dan sebagai baktinya anak-anak turut membantu usaha orang tua, itung-itung dari kecil udah magang tentang usaha. Pengalaman ini bakal jadi modal besar setelah dewasa nanti. Pendidikan formal dan pendidikan kehidupan (pengalaman) menempa mereka lebih kuat dibanding koleganya yang manja.

Jarang mengeluh

Keputusan untuk merantau mereka putusin buat nyari penghidupan yang lebih baik. Seberat-beratnya hidup yang dijalanin di kampung orang masih lebih baik ketimbang bertahan di kampung sendiri tapi nganggur dan miskin. Itu sebabnya mereka gak pernah ngeluh. Jika setiap hari bisa makan itu sudah kesyukuran buat mereka. 

Itulah beberapa hal yang saya perhatiin dari orang-orang pendatang. Mengapa mereka bisa sukses? Karena mereka tahan menderita, terus semangat bekerja dan pantang menyerah dengan kegagalan patut diacungi jempol. 




0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca

Blog Archive

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}