Home » , » Ngapain Juga Bikin Hidup Complicated?? Hidup itu Gak Susah Kok !

Ngapain Juga Bikin Hidup Complicated?? Hidup itu Gak Susah Kok !

Posted by Catatan Ngocol on Wednesday 1 July 2015

Banyak yang ngerasa sering galau dan nelangsa karena kayaknya masalah gak brenti datang dan menyerang hidupnya. Seolah semua masalah itu udah janjian dan kompak datang di waktu yang sama. Ada yang cuek tapi gak sedikit yang galau berkepanjangan bahkan sampe pengen bunuh diri segala. Emang kalo kamu bunuh diri masalah selesai? Ya... masalahmu ! Tapi kamu buat masalah baru buat orang yang kamu tinggalin. Mungkin ada yang bersyukur hilang satu deh mahluk galau yang nyusahin tapi tidak meuutup kemungkinan banyak yang kehilangan. Yang pasti orang tua, keluarga atau orang yang kamu pinjem duitnya trus belum dibayar-bayar.

gak susah

Tapi kali ini kita gak akan ngebahas bunuh diri, mungkin di tulisan lain. Kita akan bicara mengenai ngapain mesti bikin hidup itu complicated atau susah? Hidup itu sebenarnya gampang tapi pikiran kita yang bikin susah. Kita kebanyakan mikir susah jadinya susah beneran....!

Susahnya di mana coba?

# Kalo kamu kangen seseorang...... TELPON !
Ngapaian juga galau berkepanjangan. Kalo kangen dan gak bisa ketemu ketimbang mikirin dia sambil nangis ngabisin sekotak tisu dan mata bengkak kayak ikan kembung mending ambil ponsel, telpon segera. Gak punya pulsa??? Beli dong ato minjem ponsel sodara yang kebetulan pulsanya banyak atau yang lagi punya paket bonus bicara sampe mulut gempor..
Setelah nelpon, denger suaranya, kangen jadi terobati. Simpel kan?

# Kalo kamu pengen ketemu seseorang...... UNDANG !
Kamu lagi merasa kesepian, geng mu udah pada sibuk dengan urusan masing-masing dan setiap hari bete bin galau. Kamu lagi kangen pengen kumpul sama geng mu yang dulu sering kongkow-kongkow barang, undang deh mereka satu-satu. Bisa kumpul di satu tempat atau di rumah kamu sambil nyedian cemilan sederhana. Kamu tentuin tanggal yang cocok dengan waktu semua orang dan sebar deh di medsos, bbm, atau sms. Gampang kan???

# Kalo kamu pengen dimengerti ........ JELASKAN !
Kamu ngerasa semua orang itu gak ada yang ngerti kamu, gak bisa sejalan dengan pikiranmu, gak pengen deketan ama kamu, bahkan kamu pikir semua membencimu. Ketimbang marah-marah sendiri banting-banting pintu kamar atau nangis guling-guling sambil meluk guling juga, gak ada gunanya. Mending keluar ngomong deh ke orang-orang apa yang kamu mau. Trus dengerin apa yang mereka mau juga. Jelasin apa-apa yang bikin kamu gak enak, dan dengerin tanggapan orang lain. Kali-kali aja ada tingkah kamu yang bikin orang salah mengerti.Orang kan gak bisa baca pikiran kamu dan kamu gak bisa baca pikiran mereka, karena waktu sekolah cuma disuruh belajar baca buku bukan baca pikiran. Intinya komunikasi dan bukan prasangka alias nuduh gak berdasar. kalo kamu udah komunikasi dan masing-masing pihak udah tau apa yang diinginkan orang lain dan mulai mencari solusi yang enak di kedua belah pihak, maka masalah selesai. Easy kan !!!

# Kalo kamu punya pertanyaan...... NANYA !
Yang bikin kamu super galau karena kamu sering bertanya-tanya sendiri. Kok Si Ira hari ini marah sama aku? Kok Si Aldy dari tadi liatin aku melulu kayak ada yang aneh. Kok Mama dari tadi uring-uringan dan marah-marah melulu padahal aku kan gak salah apa-apa. Kok anjing tetangga dari tadi menggonggong melulu kerjanya. Ketimbang menuh-menuhin otak dengan pertanyaan yang bejibun dan gak bisa jawab mending nanya langsung sama orangnya. Setelah nanya ketauan deh sebabnya kenapa si Ira marah sama kamu, ternyata kamu nginjak kakinya trus tanpa dosa dan gak minta maaf pula kamu ngeloyor pergi begitu aja, seolah gak terjadi apa-apa. Si Aldy liatin kamu melulu karena ternyata kamu pake baju kebalik tanpa disadari, padahal kamu udah geer duluan. Si Mama marah-marah karena ternyata dompetnya ilang dan kamu jadi tertuduh utama sementara kamu merasa suci dan pasang muka polos, bukti dompetnya ditemukan di kamarmu dalam kondisi kosong. Kalo soal anjing pasti kamu gak bisa nanya langsung ama anjingnya dong, tapi ama pemiliknya,  Ternyata si Bleky anjing tetangga itu sakit dan kerjanya melolong melulu. Well, beres kan???

# Kalo kamu gak suka sesuatu / seseorang... NGOMONG !
Kalo kebetulan ada sesuatu yang gak kamu suka atau ada yang nembak kamu padahal kamu liat mukanya jadi alergi sampe gatal-gatal dan bentol, mending ngomong langsung. Ada yang suka nawarin kamu produk kecantikan yang harganya selangit dan gak terjangkau kantong kamu, ketimbang sebel liat salesnya (yang kebetulan temen akrab kamu), mending kamu terus terang ngomong apa adanya, ketimbang kamu pasang muka ramah tapi hati dan kantong kamu menjerit. Kalo kamu gak suka orang yang nembak kamu, ngomong saat itu juga. Jangan dibiarkan bermalam dan jadi PHP (Pemberi Harapan Palsu). Cowok gak doyan sama cewek yang dianggapnya jual mahal dan lebih suka kalo jujur meski itu menyakitkan baginya. Ngomong kalo ada yang kamu gak suka itu sebabnya Tuhan kasi kamu mulut. Orang gagu aja tau kalo mulut fungsinya buat ngomong bukan asesoris doang! Mudah toh !

# Kalo kamu suka sesuatu / seseorang ...... BILANG !
Bukan hanya karena kamu gak suka sesuatu harus bilang, kalo kamu suka sesuatu atau seseorang juga harus bilang. Ada orang yang bikin jantungmu selalu meledak pas deket-deket dia, tapi kamu gak mau bilang kalo kamu suka dia, akhirnya kamu galau berkepanjangan. Minimal kalo kamu udah bilang kamu punya dua pilihan, dia juga suka kamu ato dia nolak kamu. Kalo kamu udah tau jawabannya bikin lega dan gak tersimpan sampe jadi jerawat batu. Tamat !

# Kalo kamu mau sesuatu.... MINTA !
Kamu lagi pengen beli sesuatu atau pengen banget minta barang teman kamu yang kamu tau dia udah gak pake lagi. Ketimbang kamu cuma natap barang tersebut sambil telen ludah mending ngomong langsung ke dia. Ketimbang barangnya di kasi orang yang tidak membutuhkannya sebesar kamu menginginkannya, mending kamu minta duluan gih ! Kasian kan barang jadi tidak berguna di tangan orang yang gak membutuhkannya. Gampang toh !

Itulah hal-hal kecil tapi berdampak besar pada kegalauan seseorang. Hidup itu gak susah, baca baik-baik, saya ulangi sekali lagi hidup itu gak susah, hanya pikiranmu yang bilang susah. Kenyataannya? Gak sesusah yang kamu bayangin. Udah... jangan galau lagi !


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca

Blog Archive

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}