Home » , , » Udah Kursus Tapi Kok Tetep Bego Ya? 5 Kesalahan Utama Saat Belajar Bahasa Asing

Udah Kursus Tapi Kok Tetep Bego Ya? 5 Kesalahan Utama Saat Belajar Bahasa Asing

Posted by Catatan Ngocol on Friday 24 July 2015

Jaman udah berubah. Kita dituntut buat ikut arus globalisasi. Biar bisa bersaing dengan orang dari luar negeri kita kudu ngembangin diri dan belajar bahasa asing selain dari bahasa ibu kita. Berjamurlah itu kursus-kursus dan les bahasa demi memenuhi kebutuhan anak muda yang pengen belajar bahasa asing. Tapi meski udah ngabis-ngabisin duit bokap kok tetep aja bego dan gagu. Belom bisa cas cis cus. Kenapa ya? Ternyata kamu lakuin banyak kesalahan yang entah sengaja atau tidak yang menghambat kemajuan kamu.

belajar

Kesalahan umum yang kamu lakuin saat belajar bahasa asing


# Kesalahan pertama
Kamu pikir kursus bakalan bikin kamu jago

Mentor/guru hanya kasi materi aja. Guru yang bagus bakalan ngejelasin materinya dengan menarik sementara guru yang jelek bakal ngejelasin secara ngebosenin dan bikin kamu ngantuk. That's it ! Kamu gak bakal pinter kalo hanya ngandalin belajarnya saat jam kursus aja yang cuma 1,5 samapi 2 jam? Apa bisa kamu inget apa kata guru semuanya. Kamu tetap kudu belajar di luar jam kursus. Latihan ngucapin kata-katanya, ngapal kata-kata baru, praktekin ngomong ama tembok ato ama kucing kamu juga boleh... yang penting practice, latihan di luar jam kursus itu wajib hukumnya. Kalo gak... ya kamu bakalan tetep bego selamanya, meski udah 70 kali pindah kursus.


# Kesalahan kedua
Belajar hanya sekedarnya

Guru dan buku pelajaran hanya starting point alias asal muasalnya saja bukan segalanya. Jangan batasi ilmu kamu hanya buat dengerin guru dan baca buku pelajaran saja tapi fokus pada materi lainnya di luar kursus seperti dengerin lagu-lagu, nonton film, baca komik dari bahasa asing yang kamu pelajari. Kalo ketemu orang asing jangan malu buat ngomong cas cas cis, biar kata juga dia bingung yang penting berani ngomong.


# Kesalahan ketiga
Tidak mengeksplor kemampuan

Kamu hanya belajar sesekali kalo lagi ingat dan kepengen aja. Gak memaksimalkan waktu dan kemampuan kamu. Kalo kamu emang niat buat jago bahasa asing ya kudu usaha 2 x lebih besar. Rugi waktu dan biaya kalo kemampuan kamu gak berkembang. Masuk kursus tapi levelnya gak naik-naik. Udah gitu brenti kursus bukannya jago, malah amnesia.. lupa total!


# Kesalahan keempat
Nyari alesan buat gak menggunakan bahasa asing itu

Kamu suka nyari alesan kalo disuruh sama orang-orang sekitar kamu buat praktekin bahasa asing yang kamu pelajari. Kamu ngacir seolah lenyap di telan bumi kalo ketemu orang asing dan disuruh percakapan. Alesannya grogilah, gak pedelah, belum mahirlah, masih begolah. Ya,, bakalan terus bego kalo kamu cuma bisa ngeles nyari alesan yang gak mutu. Orang lain bakalan maklum kalo kamu salah ngomong, termasuk orang asingnya. Mereka tau kalo kamu lagi belajar dan bahasa asing itu bukan bahasamu. Ngelakuin kesalahan itu wajar, minimal ada yang bantu ngoreksi kesalahanmu. Kapan lagi dapet kesempatan dikoreksi langsung sama native speaker (penutur asli). Kamu dapet ilmu gratis


# Kesalahan kelima
Mikir klao belajar bahasa itu berat

Yang namanya belajar itu memang perlu usaha yang terus menerus gak kenal brenti. Kalo dari awal aja kamu udah mikir belajarnya bakalan susah, dijamin kamu gak bakalan jago. Karena kamu udah masukin pikiran negatif ke otakmu yang belum apa-apa udah melemahkan semangatmu. Ato kamu di awal udah semangat 45 pengen kursus bahasa asing, tapi begitu udah jalan baru deh kerasa kalo itu berat. Trus kamu langsung menyerah dan ngelupain cita-citamu. Tantangan itu harusnya dihadapi bukannya ditinggal.

Itulah 5 kesalahan yang umumnya dilakukan orang yang belajar bahasa tapi gak jago-jago, padahal udah ngeluarin biaya dan sediain waktu buat kursus. Belajar itu gak boleh setengah-setengah. Kalo mau setengah mending gak usah, buang uang dan buang waktu aja. Selamat belajar !


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca

Blog Archive

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}