Home » » Sebelum Ngomong Kudu Mikir Dulu !

Sebelum Ngomong Kudu Mikir Dulu !

Posted by Catatan Ngocol on Wednesday 15 July 2015

Lidah tak bertulang, kalo omongan udah meluncur dari bibir sexy kamu, gak bakalan bisa ditarik lagi. Memang sih banyak yang kaya dari hasil ngomong, ya contohnya Bang Nurdin tukang obat di pasar, kudu berkoar-koar dengan bibir itemnya (karena kebanyakan rokok) buat promosiin dagangannya, kalo perlu bawa atraksi segala kaya ular phiton segede batang pohon sebagai penarik massa.
Belom lagi para presenter di Tipi yang suka monyong-monyongin mulutnya karena kebanyakan melahap gosip selebriti atau berita-berita galau seantero nusantara.


Mulut itu bukan asesoris yang nempel di muka (bayangin seseorang gak punya mulut, aneh kan?) Emang tujuan mulut diciptakan biar bisa dipake ngomong, komunikasi ama orang lain, biar orang lain tau apa yang kita pikirin dan kita tau apa yang mereka pikirin. Meski mulut gak selamanya selalu jujur tapi kalo udah ngomong minimal ada bayangan lah..

Tapi hati-hati dengan omongan. Omongan salah, dusta, janji palsu bisa bikin orang masuk penjara, ato malah bisa bikin dirinya dibenci atau dianiaya orang lain. Berapa banyak cerita yang kita baca ato denger dari para presenter sexy dan ganteng itu kalo banyak orang dibui atau malah jadi korban pembunuhan gara-gara salah ngomong. Masih seger dalam ingatan kenapa seorang perempuan cantik yang punya hobi menjajakan diri di medsos menjadi korban pembunuhan pelanggannya yang kesel karena dibilangin bau ketek. Jadi mulutmu harimaumu.. jangan asal ngucap dan ngomong. Bagi yang beragama pasti tau kalo ada malekat yang rajin banget nyatet semua omongan salah kamu, ntar kamu bakalan diminta tanggung jawab atas semua omongan yang terlanjur meluncur dari bibir.

Sebelum ngomong kudu mikir dulu..

Apakah yang kamu omongin itu :

* BENER ?
Kalo ngomong gak bener kan namanya bo'ong, dusta, tidak jujur. Kenapa seseorang bo'ong? Macam-macam motifnya tapi pada umumnya mereka pengen dinilai baek oleh orang lain. Padahal kalo terlanjur bo'ong perlu kebohongan lainnya buat nutupin kebohongan yang pertama. Jadi kayak lingkaran setan yang gak ada berentinya.
Orangtua kita udah ngajarin dari kecil kalo ngomong itu harus bener, karena sekali ketauan bo'ong meski udah insap tetep aja gak ada yang bakalan percaya. Mengapa banyak yang korupsi di negeri ini? Karena orang udah nganggap bo'ong itu biasa. Justru kalo jujur jadi ngerasa aneh. Kenapa manipulasi banyak terjadi? Karena orang udah biasain gak jujur dan menipu demi keuntungan pribadi.

Well, sebelum ngomong, kudu mikir dulu apa yang kamu omongin itu bener ato tidak. Kalo gak bener, udah jangan diomongin (kecuali kalo itu darurat buat nyelamatin nyawa kamu /orang lain). Karena sekali keluar dari mulut kamu bukan menjadi milik kamu lagi tapi sudah jadi konsumsi umum.


* MENOLONG/MEMBANTU ?
Kalo omongan kamu banyak menolong orang buat nyelesein masalahnya seperti yang dilakukan oleh motivator, psikiater, psikolog buat bantuin orang-orang yang punya masalah dengan mereka sendiri. Jadi sebelum itu ucapan mengalir dari mulutmu, pikir-pikir dulu, ada gak manfaatnya buat diri sendiri atau buat orang lain. Kalo gak ada mending diam

Maksudnya gak perlu jadi psikiater, jadi pemberi saran dadakan juga boleh. Asal sarannya bener-bener membantu orang bukan ngasal. Lihat para ibu guru kita. Dengan sabar ngajarin supaya ilmunya bisa dipahami dan nanti bisa dipake buat bantu orang lain.


* MENGINSPIRASI?
Kalo omonganmu memotivasi orang lain, menginspirasi orang lain buat berlaku bener kayak apa yang pemuka agama lakuin ke umatnya, silakan. Tapi kalo omongan kamu bikin orang lain jadi sakit hati, benci, atau malah termotivasi buat bikin salah mending kamu diem aja deh.

Diam itu emas, sepanjang yang diomongin itu gak enak, mending diem aja deh.


* PERLU?
Kalo omonganmu gak penting-penting amat, mending diem aja. Kalo omongan itu perlu, dan kalo gak diomongin ntar membahayakan nyawa kamu, ya ngomong. Tapi kalo omongannya berisi hujatan, gosip-gosip yang gak jelas, umpatan, makian, rengekan gak penting mending diem aja. Emang kalo kamu ngumpat, maki dan gosipin orang kamu jadi lebih baik dari mereka? Nggak kan?

Sebelum ngomong kudu mikir dulu, apa yang mau diomongin penting ato tidak? Kalo gak penting mending disimpan buat konsumsi pribadi.


* BAEK ?
Kalo omongan kamu itu sepenuhnya omongan yang baek dan yang mendengarnya jadi senang, bahagia dan tertolong,oke-oke aja. Setiap kata yang kamu keluarin itu mengandung seribu makna bagi pendengarnya, jadi ngomonglah yang baek-baek. Orang baik bukan hanya karena sikapnya baek sama orang tapi tutur katanya juga baek, Kadang lidah itu lebih tajam dari sebilah pedang. Kalo udah nyakitin orang lama sembuhnya...

Jadi kudu dipikir ya kalo ngomong. Jangan asal ngomong apalagi omong doang !


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca

Blog Archive

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}