Home » , » Kenapa Kalo Bersin Harus Merem?

Kenapa Kalo Bersin Harus Merem?

Posted by Catatan Ngocol on Sunday 12 July 2015

Pernah gak kamu perhatiin kalo orang bersin itu pasti merem? Kenapa yah? Ada yang bilang, soalnya kalo kamu gak merem bola matamu bakalan loncat keluar. Benerkah itu?


Bersin itu aktivitas yang gak kita rencanain, kayak gue pengen makan ntar jam 3 ato gue pengen bobo ntar jam 10 malem. Bersin terjadi begitu aja.

Kenapa orang bersin?

Sama juga kenapa orang menguap? Itu reaksi tubuh. Kalo menguap karena tubuh butuh oksigen makanya buka mulut lebar-lebar tapi kalo bersin itu reaksi tubuh buat ngelindungi dirinya. Partikel kecil seperti serbuk sari atau debu yang melayang di udara yang terhirup oleh hidung kamu dan mengiritasi membran hidung akan memicu serangkaian reaksi. Karena serbuk sari atau partikel debu itu dianggap sebagai benda asing yang kontak dengan bagian dalam hidung (nasal mukosa) akhirnya memicu syaraf trigeminal buat ngirim sinyal ke  bagian bawah otak yang namanya medula

Akibatnya dada jadi mengembang, paru-paru penuh terisi udara dan semua bekerjasama buat bikin kamu bersin. Tujuannya ngeluarin benda asing yang udah terlanjur masuk tanpa diundang tadi. Tujuannya yah biar gak berbahaya buat tubuh. Kalo istilah di dunia manusia ya dideportasi kembali ke tempat asalnya.

Kenapa pula bersin harus merem?

Kalo ngupil dan korek kuping itu aktivitas yang merem melek, bersin aktivitas yang ngarusin kamu merem saat ngelakukannya. Kamu mungkin gak pernah perhatiin.
Bener gak kita bersin harus merem supaya bola mata gak loncat keluar? Gak bener. Mata itu organ penting buat tubuh. Tuhan udah nambah 6 otot ekstra yang menahan mata agar tetap di tempatnya. Jadi kamu bersin sekencang apapun apalagi ditambah kentut yang aduhai.. tetep gak akan bikin bola matamu loncat ninggalin tempatnya.

Back to the topic. Pertanyaannya kenapa bersin harus merem? Karena itu reaksi refleks yang dilakukan oleh tubuh sebagai salah satu mekanisme perlindungan dfari tubuh. Kamu pasti tau dong kalo refleks itu gerakan yang gak bisa diatur, direncana ato disengaja. Misalnya saat tangan kamu kena panas seterika otomatis langsung kamu tarik tanpa perlu mikir, gue tarik gak ya? Tubuh tau kalo terus menerus dibiarin terpapar panas seterika bisa kebakar, bisa jadi lebih berbahaya buat tubuh. Bersyukur banget Tuhan udah ngeciptain badan kita dengan mekanisme perlindungan yang super protected gitu.

Bisa gak kita bersin sambil melek? Kemungkinannya bisa, tapi bakalan kerja keras karena yang dilawan adalah reaksi spontan tubuh yang refleks itu tadi. Tapi kalo kamu penasaran, kamu bisa cobain, sebelum bersin rencanain buat buka mata lebar-lebar biar bisa liat seberapa banyak kuman yang berhasil dideportasi dari badan kamu.

Ada lagi penjelasan lain. Bersin itu harus dilakuin sambil merem supaya alergen, kuman yang keluar dari dalam hidung dan mulut gak masuk ke mata yang bisa bahayain organ vital tubuh ini.
Jadi gak perlu berusaha bersin sambil melek. Tubuh emang udah disiapin buat ngelindungin dirinya sendiri...gitu! Bersin??? ya merem aja ! Otomatis kok ! Jangan lupa tutup pake tangan atau tisu /sapu tangan. Jangan bersin depan muka orang ya... ntar ditabok!


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca

Blog Archive

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}