Home » » Mengapa Perut Kita Gak Cocok Makan Daging Mentah?

Mengapa Perut Kita Gak Cocok Makan Daging Mentah?

Posted by Catatan Ngocol on Thursday 23 July 2015

Kalo liat binatang buas di TV mengejar buruannya kayaknya asyik-asyik aja mereka mengoyak-ngoyak tubuh mangsanya dan makan dengan lahapnya. Manusia juga pemakan daging sama seperti singa, harimau, buaya. Tapi manusia makan daging yang sudah dimasak / diproses ketimbang daging mentah.


Mengapa kita gak cocok makan daging mentah?

Alasannya bisa dijelasin begini :
  • Pernah belajar biologi kan? Kita ini mahluk omnivora (pemakan daging dan tumbuhan) dan bukan karnivora (pemakan daging). Sistem pencernaan kita gak sama dengan sistem pencernaan hewan buas yang kerjanya makan daging mentah. Tau gak kalo para karnivor ini bisa mencerna tulang-tulang mangsanya sampe level tertentu sementara manusia gak. Kita bisa mencerna daging mentah (tapi ngunyahnya lama dan susah)  trus hanya sedikit nutrisinya dibanding kalo dagingnya dimasak.
  • Kalo dagingnya dimasak lebih mudah buat tubuh mencerna makanannya (karena udah lunak kan, kadang malah masih ada yang alot meski udah dimasak berjam-jam--- ternyata kompornya kehabisan gas tanpa disadari---hehe..). Trus lebih banyak kalori yang bisa diekstrak dari daging masak ketimbang daging mentah. Kalori ini yang dipake buat mensuplai energi untuk otak.
  • Alasan kesehatan. Daging dimasak agar bakteri atau patogen berbahaya yang suka nempel pada daging udah pada koit sehingga gak ngebahayain tubuh. Kalo karnivor itu perutnya mengandung sejumlah asam yang jumlahnya lebih tinggi 10 kali lipat dibanding pada manusia. Asam ini yang bikin dia tahan terhadap serangan bakteri yang nempel pada makanannya.
  • Keliatan lebih "manusia" kalo makan daging masak. Liat manusia makan daging mentah, kesannya gimana ya? Barbar banget.. (bayangin singa berjenggot sama harimau belang)
Lalu mengapa orang Jepang suka makan sushi / sashimi alias ikan mentah ? Karena sushi /sashimi itu aman dimakan sepanjang cara penyajiannya mengikuti prosedur. Ikan yang bakalan dijadiin sushi / sashimi adalah ikan laut dan bukan ikan air tawar. Dengan pertimbangan ikan laut kurang mengandung parasit dibanding koleganya yang hidup di air tawar. Setelah ditangkap langsung dibekukan dan dinanti cairkan sesaat menjelang eksekusi buat dijadiin sushi / sashimi. Makanya di Jepang hanya tukang masak yang bereputasi bagus, terampil dan berpengalaman saja yang bisa membuat sushi yang aman buat dimakan.

sushi jepang
sushi


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca

Blog Archive

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}