Home » » 4 Alasan Kenapa Anjing Nyerang Manusia

4 Alasan Kenapa Anjing Nyerang Manusia

Posted by Catatan Ngocol on Thursday 15 October 2015

Kenapa anjing nyerang orang?
Photo credit for www.cesarsway.com

Awas ada anjing galak

  • Kita sering ngebaca plang pengumuman ini di rumah orang-orang yang melihara anjing. Maksudnya biar kita gak kaget kalo tiba-tiba ada yang ngegonggong. 
  • Apa memang anjing itu galak? Sebelumnya kita udah bahas kenapa harimau nyerang orang, trus kenapa banyak orang yang takut sama hiu, sekarang kita ngebahas kenapa anjing nyerang orang? 
  • Anjing termasuk salah satu hewan yang paling banyak dipelihara manusia. Karena hewan ini dikenal sebagi hewan yang setia pada tuannya. Masih ingat kisah anjing Hachiko di Jepang yan sangat setia menunggui tuannya pulang kerja meski tuannya sudah meninÄ£gal dunia? Patung Hachiko sekarang dipajang di depan Stasiun Shibuya karena jadi perlambang kesetiaan anjing terhadap majikan.
  • Anjing juga perlu diwaspadai karena mereka termasuk salah satu dari golongan hewan yang agresif. Jika tak dilatih dengan baik, dia bisa bahaya buat manusia. Lo pernah dengar ada orang yang lagi joging atau naik sepeda tiba-tiba di serang anjing? 
  • Lebih amannya sih sebenarnya pemilik anjing harus ngelatih anjingnya biar bisa sopan dan gak ngebahayain dirinya apalagi orang lain. Kalo anjingnya harus selalu dalam pengawasan, berada dalam halaman yang pagarnya tertutup ato anjingnya minimal dalam keadaan terikat.
  • Sayangnya gak semua pemilik anjing nyadar hal ini, jadi tetep bahaya buat orang lain. Kalo begitu kita kudu paham gimana caranya neglindungin diri dari serangan anjing galak.

Kenapa anjing nyerang orang?

(1) Memicu nalurinya ngejar mangsa.
  • Kalo dalam kasus orang jogging dan naik sepeda itu tadi karena orang itu memicu naluri anjing ngejar mangsa. Lari dan naik sepeda diterjemahin anjing sebagai mangsa yang bergerak cepat dan harus ditangkap segera. Jadi mereka nyerang karena naluri mereka ngeliat lo sebagai mangsa yang lari darinya.
(2) Ngerasa terancam
  • Anjing sama seperti hewan lainnya punya teritori atau wilayah kekuasaan sendiri yang sialnya dia yang nentuin sendiri. Seperti manusia juga nganggap rumah adalah teritorinya. Lo bebas ngijinin dan ngelarang orang masuk rumah lo. Ya suka-suka elo dong, itu kan rumah lo. Anjing juga begitu. Kalo lo tiba-tiba masuk ke dalam teritorinya tanpa permisi (ih..gimana dong permisi ama anjing?)dia bakalan ngerasa terancam dan nyerang lo. Lo tuh penyusup gak sopan yang main masuk aja wilayah orang, gue bakalan kasi liat siapa yang berkuasa di sini, begitu kali pikir si anjing.
(3) Lo gak ngerti kalo si anjing gak suka sama lo
  • Anjing kalo ngeliat orang kan menggonggong tuh. Maksudnya biar lo pada paham siapa yang punya tempat itu. Lo itu tamu dan kudu sopan dan jaga kelakuan. Anjing menggonggong biasanya nyuruh lo pergi dari wilayahnya. Begitu lo berlalu anjing ngerasa menang dan dia bakalan kalem lagi. Yang susah kalo lo ngotot tetap di situ, anjing ngegonggongin lo malah nantang, entah itu natap matanya, ngelempar, nendang ato sok ngusir. Itu tandanya lo gagal paham kalo si anjing gak suka sama lo, udah gitu lo malah nantangin doi.. Jadilah anjing nyerang lo.
(4) Naluri binatangnya terpicu
  • Anjing adalah binatang yang agresif. Dia bakalan nyerang kalo naluri binatangnya merintahin dia buat nyerang. Kalo lo nantangin anjing dia bakalan nyerang, karena naluri binatangnya bilang dia dalam bahaya dan ada mahluk lain yang mau coba nyakitin dia. Nalurinya adalah nyerang sebelum diserang.
Itulah 4 alasan kenapa anjing nyerang lo. Tips gimana biar gak di gigit anjing kita bahas pada tulisan selanjutnya ya.. di sini.


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca

Blog Archive

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}