Home » , » Waspadai Mereka yang jadi Racun Dalam Hidup Lo

Waspadai Mereka yang jadi Racun Dalam Hidup Lo

Posted by Catatan Ngocol on Saturday 17 October 2015

Gimana ngenali mereka yang menjadi racun dalam hidup lo? 

  • Sebelumnya kita udah bahas 10 hal yang tanpa lo sadarin meracuni hidup lo. Kali ini kita bakalan ngebahas siapa saja mereka yang menjadi racun dalam hidup kita. 
  • Katanya gak boleh pilih-pilih teman, itu diskriminatif. Ini nasehat yang salah. Lo justru harus milih-milih mereka yang bakalan jadi temen lo. Lo harus milih temen yang ngasi hal positif ke lo. Bukan mereka yang malah ngejerumusin lo ke jalan yang salah. Mereka inilah termasuk orang-orang yang menjadi racun dalam hidup lo.
  • Terus gimana ngenalin mereka yang berpotensi menjadi racun dalam hidup lo?

Ini dia ciri-cirinya :

(1) Gak ada satupun yang lo lakukan atau katakan benar di matanya.
  • Lo berteman ama mereka udah lama, tapi gak sekalipun yang lo lakuin ato lo katakan itu bener di mata mereka. Selalu aja ada yang salah, gak sempurna dan bikin mereka terganggu. Lo ngerasa hanya jadi pelengkap penderita aja dalam hubungan pertemanan kalian. Gimana nggak. Lo hanya hadir sebagai pelengkap, bukan teman yang setara, udah gitu sering diomelin karena salah melulu.
  • Sadarlah kalo mereka gak kepengen jadi temen lo. Mereka hanya nyari orang yang bisa dijadiin kambing hitam atas kesalahan mereka. Dan lo adalah orang yang tepat karena lo gak pernah protes.
  • Lebih cepat lo menyingkir dan ninggalin mereka itu lebih baik. Apa enaknya berteman dengan mereka yang gak pernah menganggap kita teman? Masih banyak orang lain di luar sana yang pantas dan layak tuk jadi temen lo.
(2) Mereka suka komen semua kesalahan dan ketidak sempurnaan lo, sekecil apapun itu.
  • Lo selalu aja salah dan ngelakuin apa-apa gak pernah bener, itulah kesimpulan yang ada di benak mereka dan coba mereka tanamkan dalam diri lo. Supaya lo tau betapa kesiannya lo jadi orang. Padahal mungkin lo ngelakuin kesalahan yang gak fatal dan sebenarnya bisa dipahami. Tapi mereka memilih buat ngebully lo ketimbang memahami diri lo.
  • Gak ada manusia yang sempurna, lo dan mereka juga. Kalo ada yang gak bisa nerima orang lain berbuat salah artinya dia gak pantes dijadiin temen.
(3) Mereka ngungkit-ngungkit terus masa lalu lo yang kelam dan gak ngijinin lo berubah ke arah yang lebih baik.
  • Lo mungkin punya masa lalu yang gak terlalu bagus untuk dibahas, tapi mereka gak pernah lupa buat ngingetin siapa diri lo di masa lalu, sebagai tindakan pembenaran buat ngerendahin diri lo. Lo hanya dijadiin bemper oleh mereka.
  • Lo boleh punya masa lalu yang kelam tapi bukan berarti lo berhak buat dihina dan diinjak-injak atas kejadian di masa lalu yang sudah ingin lo lupain. Mereka juga gak ngijinin lo buat berubah lebih baik agar lebih leluasa memperlakukan lo secara semena-mena. Bagi mereka lo itu tak lebih dari sampah. Dan sekali sampah gak akan pernah berubah jadi wangi, lo akan terus busuk, dan harusnya lo bersyukur ada mereka yang mau nerima lo yang busuk itu.
  • Kalo lo berada dalam situasi ini, artinya mereka gak pengen jadi temen lo. Temen itu gak ngerendahin tapi ngehargain, sejelek apapun dia, mereka sama-sama berubah ke arah yang lebih baik. Saling ngedukung dan saling support.

(4) Mereka bertingkah seolah jadi manusia paling bener, gak bercacat dan gak pernah buat kesalahan.

  • Karena lo adalah sampah mereka itu manusia yang gak bercacat. Dan lo dilarang keras buat bilang mereka salah karena mereka selalu bener. Kalo pun ada kejadian yang salah penyebabnya bukan mereka tapi diri lo, yang dianggap membawa sial dalam kelompok mereka.
  • Kalo lo terus yang harus menerima kesalahan sementara mereka selalu benar itu artinya lo terjebak dalam hubungan pertemanan yang gak sehat. Tinggalkan atu bertahan tapi sakit jiwa jadinya.

(5) Mereka ninggalin lo dengan perasaan bersalah dan malu jadi diri lo.
  • Mereka gak pengen lo jadi lebih baik. Mereka pengen lo malu jadi diri lo yang gak seperti mereka yang perfect. Mereka berusaha menanamkan kalo lo itu gak berharga dan seharusnya lo malu jadi manusia, karena hewan aja lebih berharga ketimbang diri lo.
  • Kalo mereka selalu ngerendahin lo terus menerus, ambil sikap tegas dan tolak ucapan mereka yang ngerendahin diri lo. Segera berlalu dan lupakan mereka.

(6) Mereka doyan mengkritik, hobi mengontrol dan gak pernah peduli dengan kebutuhan lo.
  • Mereka selalu tau apa yang harus dikritik dari diri lo, sementara lo dilarang keras mengkritik mereka. Mereka merasa berhak mengontrol hidup lo dan nentuin apa yang harus dan gak boleh lo lakuin. Mereka gak pernah peduli pada kebutuhan lo, karena itu gak penting bagi mereka.

(7) Mereka ngebiarin hati lo hancur berkeping-keping, luka, berdarah dan tercabik-cabik.
  • Mereka gak peduli kalo lo mau hnacur, luka, berdarah dan mati sekalian. Selama yang lo lakuin gak mengganggu kenyamanan mereka dan lo tetap patuh pada mereka, it's not a big deal, bukan masalah besar.

(8) Mereka gak pernah ngehargaian batasan lo dan gak mau mendengar kata "tidak".
  • Jangan sekali-kali berkata tidak atas setiap perintah, permintaan dan keinginan mereka. Karena hal itu bakalan membuat mereka murka dan lo harus menanggung akibatnya. Bagi mereka lo gak lebih dari orang suruhan dan pelayan bagi kebutuhan mereka.

(9) Mereka gak peduli dengan perasaan lo dan mereka malah suka ngeliat hidup lo menderita.
  • Mereka gak pengen ngeliat lo bahagia, karena kalo lo bahagia maka lo gak bisa mereka manfaatin lagi. Mereka terus ngebuat lo merasa tak berharga agar lo terus tergantung pada mereka.

(10) Segala sesuatu selalu tentang mereka, apa yang mereka mau, pikir dan rasakan harus selalu diutamakan.
  • Dunia ini seolah-olah hanya berputar pada mereka, apa yang mereka pikir, mereka mau dan rasakan. Lo itu gak penting. Lo boleh punya mau, punya perasaan dan keinginan sepanjang sejalan dengan mau mereka.

Kalo lo nemuin temen-temen lo kayak gini, artinya lo harus nentuin sikap. Tetap tinggal dan bikin hidup lo semakin merana ato berani mengambil langkah buat ninggalin mereka, mulai hidup baru dan berteman dengan mereka yang ngehargain lo sebagai manusia.
Jadi pilih-pilihlah temanmu, jangan asal comot ! Teman yang tepat bakalan nentuin siapa diri lo nantinya (baca juga : 5 alasan utaman mengapa lo susah dapat teman)


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca

Blog Archive

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}