Home » , , » Apa Wajib Hukumnya Bagi Cowok Nawarin Tempat Duduknya Buat Cewek?

Apa Wajib Hukumnya Bagi Cowok Nawarin Tempat Duduknya Buat Cewek?

Posted by Catatan Ngocol on Saturday 31 October 2015

Lo yang cowok pengen selalu dibilang bukan cowok biasa alias cowok gentlemen. Salah satu ciri cowok gentleman katanya sih kalo liat cewek berdiri di bus / kereta harus rela buat nawarin tempat duduknya.
Bener gak sih cowok wajib hukumnya buat nawarin tempat duduknya di bus / kereta? (kalo di pesawat kan gak mungkin, karena gak ada yang berdiri hehe..)

nawarin kursi

Jawabannya

(1) YA
  • Dengan catatan tuh cewek udah tua alias oma-oma yang udah renta. Sebenarnya bukan hanya cewek tua sih cowok tua pun alias opa-opa punya kedudukan yang sama, karena umurnya. Mereka yang udah gaek ini kan fisiknya udah menurun, kesian kan kalo berdiri lama, ntar gak kuat trus nyungsep. Lo mesti malu lah sama diri sendiri, masa' ama orang sepuh perhitungan. Pikirin deh kalo kebetulan itu oma ato opa lo yang naik angkutan umum dan kebetulan harus berdiri dan gemetaran karena gak kuat, trus gak ada orang yang berbaik hati buat nawarin dia duduk? Lo pasti pengen nonjok muka cowok-cowok gak tau diri yang duduk manis sementara opa / oma lo hampir nyungsep.
  • Dengan catatan tuh cewek penyandang cacat. Lo liat ada cewek pincang pake tongkat berdiri (kalo pake kursi roda gak usah ditawarin, ntar lo dikira aneh), lo liat ada cewek buta, pokoknya mereka yang anggota tubuh/fisiknya gak normal. Bukan hanya cewek sih, cowok cacat pun juga wajib hukumnya lo kasi kursi.
  • Dengan catatan tuh cewek lagi hamil gede. Masa' lo enak-enakan nyante di kursi lo sementara ada ibu-ibu yang lagi hamil gede (kalo hamil muda kan biasanya gak ketauan) lagi berdiri. Kalo tiba-tiba dia pengen brojol di bus / kereta apa lo berani bertanggung jawab?
  • Dengan catatan tuh cewek bawa anak kecil (balita). Artinya dia ibu-ibu yang rempong dengan balitanya. Bukan hanya ibu-ibu sih, bapak-bapak juga bole kalo kamu kesian liat dia rempong dengan balitanya yang lincah ato nangis ngeraung-raung dalam kereta / bis.
  • Dengan catatan tuh cewek rempong dengan bawaan yang gede-gede dan berat, udah gitu dia gak bisa berdiri dengan tegak karena bawaannya itu. Lo bisa nawarin dia tempat duduk biar dia gak jatuh nimpa penumpang lain.
  • Dengan catatan tuh cewek keliatan gak sehat/sakit. Kan keliatan tuh orang sakit sama orang normal bedanya jelas. Orang sakit biasanya pucet, lemes dan tampangnya galau. Bukan hanya cewek sih, siapa aja penumpang yang keliatan sakit bisa lo tawarin tempat duduk. Paling bagus sih kalo lo juga nawarin minyak angin, obat gosok ato remason yang lo bawa (emang ada cowok yang bawa pernak-pernik ala nenek-nenek gini?). Lebih hebat lagi lo tu dokter / perawat, lo bisa gunain pengetahuan lo buat nolongin dia.
  • Dengan catatan tuh cewek balita. Tau kan bawah lima taun alias anak kecil. Kesian kan kalo harus berdiri terjepit diantara banyak orang dewasa yang pada bau keringet.
  • Dengan catatan tuh cewek kejepit diantara cowok-cowok yang berdiri dan bisa jadi korban pelecehan seksual. Tapi kalo cowok-cowok yang kejepit diantara cewek-cewek gak perlu lo selamatkan karena besar kemungkin kejepit itu karena faktor kesengajaan. 
  • Dengan catatan tuh cewek minta kursi lo dengan sopan. Lo gak mungkin nolak dong kalo ada cewek yang minta duduk di kursi lo, apalagi kalo dia cantik bin sexy. Lo sebenernya juga bisa nolak kalo lo liat dia sehat-sehat aja, tapi apa lo tega dan siap dilirikin dengan tatapan tajam penumpang cewek lainnya (cewek itu mahluk yang super solider lho!).

(2) TIDAK
  • Kalo lo nawarin kursi hanya karena dia keliatan cantik, menarik, sexy dan montok, pokoknya bahenol lah.. karena udah ketauan banget niat lo yang sebenarnya. Bukan buat nulungin ato jadi gentleman tapi karena lo ngambil kesempatan buat kenalan dengan si sexy, syukur-syukur dapet nomor teleponnya.
  • Kalo cewek tersebut sehat-sehat aja dan mampu berdiri dan megang kuat-kuat pegangan dalam bis/ kereta. Mereka gak cacat, gak hamil, gak bawa balita ato barang yang rempong, gak sakit, gak tua, gak balita, gak kejepit, ya biarin aja. Lo gak wajib nyerahin tempat duduk lo ke mereka. Karena itu bisa bikin mereka tersinggung seolah-olah lo nganggap wanita itu mahluk lemah ato lo dicurigain punya maksud gak bener.
  • Kalo lo udah nawarin dan si cewek nolak. Lo gak boleh maksa kalo niat baik lo ditolak. Macem-macem sih alesannya. Biasanya karena mereka ngerasa masih kuat dan ada orang tua yang jauh lebih butuh kursi itu ketimbang dirinya. Ada juga yang nolak karena gak pengen berdampingan dengan cowok yang duduk di sebelah kursi lo.
  • Kalo dia minta tempat duduk lo dengan kasar. Lo bisa nolak cewek preman yang ngebentak-bentak dan ngancam buat dapet duduk di kursi lo. Kalo lo orangnya cinta damai plus sedikit penakut lo bisa serahin kursi lo sama si cewek preman. Kalo lo orang yang tau adab dan ngerasa gak pantes ngasi kursi lo ke mereka yang kelakuannya juga gak pantes.
Cewek itu bukan mahluk lemah dan mereka gak suka juga kalo lo anggap mereka lemah. Memang sih ada beberapa cewek yang ngambil keuntungan dengan posisinya sebagai cewek dan minta cowok yang lebih kuat buat mengerti. Tapi ini gak bener. Lo wajib hukumnya ngasi ke mereka yang butuh dan gak wajib ngasi buat mereka yang gak butuh ato nolak. 
Gampang kan?


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca

Blog Archive

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}