Home » » Kenapa Lo Banyak Ngeluh?

Kenapa Lo Banyak Ngeluh?

Posted by Catatan Ngocol on Saturday 17 October 2015

Lo banyak ngeluh karena:

(1) sesuatu gak sesuai harapan lo.
  • Lo pengennya semua penghasilan lo makan sendiri tanpa perlu mikir kewajiban buat bayar tagihan, termasuk tagihan pajak. Kan enak tuh bisa leha-leha dan gak perlu mikirin pengeluaran yang bikin nyesek hati.

ngeluh

(2) lo punya banyak keterbatasan
  • Lo pengen jadi orang yang sempurna, yang gak punya kekurangan. Lo pengen punya bodi aduhai, langsing semampai, putih mulus berseri kayak model di majalah. Tapi kenyataanya berat badan lo semakin bertambah dan semua baju-baju yang tergantung di toko hanya bisa lo pandangin dengan wajah iri. Karena tau lo bakalan gak muat biat memakainya.

(3) lo gak mampu ngeraih apa yang lo mau.
  • Lo pengen deh pulan ke rumah semuanya udah beres. Rumah tampak rapi, makanan enak udah terhidang di meja, anak-anak jadi penurut dan gak lari ke sana kemari, gak ribut sehingga lo bisa tidur dengan tenang. Kenyataan tak seindah harapan. Rumah berantakan, mana harus masak buat makanan sekeluarga trus anak-anak suka berantem dan ribut seolah-oleh ketenangan adalah barang mewah yang susah didapat.

(4) lo gak bisa ngejar impian karena alasan di luar diri lo
  • Lo pikir kegagalan dan ketidaksuksesanmu disebabkan oleh orang lain yang ngejegal. Pikiran lo dipenuhi dengan prasangka buruk terhadap orang lain. Padahal kegagalan itu mungkin karena perbuatan lo juga. Memangnya orang lain gak punya kerjaan apa, harus sibuk ngejegal lo?

(5) lo gak pengen ngelakuin hal-hal yang lo gak suka
  • Halaman luas yang penuh dedaunan adalah hal-hal yang bikin lo frustasi. Lo pengen ngebersihin dan seneng kalo liat halaman jadi rapi karenanya. Tapi yang ada malah perasaan malas yang mendera diri lo dan bikin lo mengucap sejuta daftar keluhan.

(6) lo kecewa dan sakit hati pada kondisi yang ada si sekitar lo
  • Orang-orang selalu gak ngerti apa mau lo. Termasuk pemerintahan Jokowi yang lo anggap gak berhasil dan gagal mensejahterakan bangsa ini. Lo jadi frustasi karenanya. Lo pengen denger musik yang enak, malah diberi suara sember dan serak-serak becek milik orang lain. Lo pengen tidur siang tapi tumpukan pakaian sekeluarga yang banyaknya minta ampun seolah memanggil untuk diberesin. Belum lagi masih pengen tidur dan ngelanjutin mimpi indah malah dikejutkan dengan suara alarm yang maksain lo turun dari tempat tidur.

(7) lo ngerasa gak dapetin apa yang pantas lo raih.
  • Lo tau kalo lo pantas dapetin jabatan yang lo idamkan, dapetin tas branded yang lagi diskon, dapetin parkiran yang deket dari pintu mall. Tapi kenyataan tak seindah harapan, karena selalu saja ada orang lain yang ngehancurin impian lo. Jabatan diambil orang lain, tas incaran malah udah laku diborong orang saat lo hanya bisa mandangin dari jauh, tempat parkiran pada full dan susah dapet satu space untuk mobil imut lo.


Harusnya lo banyak bersyukur

  • Lo mampu bayar pajak dan tagihan, artinya lo punya pekerjaan yang bikin lo harus bayar pajak, dan lo punya uang buat bayar tagihan.
  • badan yang gak muat masuk pakaian lagi artinya lo cukup makan dan gak harus kurus dan busung lapar akibat kurang makan.
  • rumah yang berantakan dan harus selalu dibersihkan artinya lo punya rumah. Masak makanan artinya lo mampu beli makanan dan diberi kesempatan masakin diri lo dan orang terkasih lo. Belum lagi anak-anak yang selalu ribut, syukuri karena Tuhan ngasi kesempatan buat lo punya anak. Banyak lho orang yang harus berobat kanan kiri hanya untuk denger suara ribut dan tangisan anak-anak.
  • karena kegagalan bisa jadi pelajaran buat lo. Kegagalan itu guru kehidupan yang dihadirin Tuhan buat lo. Gagal artinya lo tinggal selangkah lagi menuju keberhasilan dan lo harus usahakan itu.
  • halaman yang harus selalu disapu dari dedaunan kering yang artinya lo punya halaman yang luas sementara orang lain tidka punya.
  • dengan semua keluhan yang lo dengar tentang pemerintahan Jokowi, artinya di Indonesia masih ada kebebasan berbicara. Banyak negara yang terkungkung kebebasan berbicaranya oleh pemerintah.
  • dengerin orang di belakang lo yang nyanyinya gak ada enak-enaknya didengar. Udah suara pas-pasan masih juga dipaksain buat nyanyi nada tinggi dan fals lagi. Itu tandanya telinga lo masih mendengar dengan normal.
  • dengan tumpukan pakaian keluarga yang harus lo seterika. Itu artinya orang-orang tercinta ada di sekitar lo
  • dengan alarm yang bunyinya kencang-kencang bangunin lo tiap pagi. Itu artinya lo masih diberi kesempatan hidup sehari lagi oleh Tuhan dan siap memulai hari baru.
  • gak dapet jabatan impian mungkin Tuhan pengen nyelamatin lo dari jebakan yang harus dihadapi pemegang jabatan itu dan syukurin posisi lo yang sekarang. Gak dapetin tas branded itu juga harus disyukurin karena lo gak perlu susah buat nambah pengeluaran buat beli tas mahal yang fungsinya sama aja dengan tas lainnya, menang di gengsi doang. Gak dapet parkiran dekat tempat tujuan artinya lo masih kuat jalan yang bikin badan lo sehat.
Banyak hal yang patut buat disyukurin. Cuma lo aja yang lebih doyan ngeluh ketimbang bersyukur !


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca

Blog Archive

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}