Home » » Mikir 5 Hal Ini Dulu Sebelum Posting Apapun

Mikir 5 Hal Ini Dulu Sebelum Posting Apapun

Posted by Catatan Ngocol on Tuesday 20 October 2015

Baru-baru ini kita ngebaca seorang mahasiswa asal Jember, namanya Ida Tri Susanti yang habis-habisan di bully para netizen karena memposting fotonya dengan kucing hutan yang telah mati dengan tali di leher di akun facebook nya. Kucing hutan yang dia posting itu termasuk hewan yang dilindungi. Dan seremnya lagi katanya setelah mati, hewan itu dimasak oleh ibunya untuk dimakan bersama keluarga.


postingan


Apa salahnya ngeposting sesuatu di media online?

  • Gak ada yang salah kok. Itu foto lo, status lo, komen lo, emang gak ada urusannya sama orang. Tapi media online pun juga ada tata kramanya kali'. Kalo lo ngeposting sesuatu yang kontroversial macam si Ida tadi, ya lo harus siap-siap jadi bahan bully, bahan cemohan, ejekan ato malah bisa diciduk aparat.
  • Lo dari SD udah diajarin kalo hewan yang dilindungi gak boleh asal di buru, apalagi di bunuh dan hasil kekejaman itu di posting di media sosial. Kenapa itu hewan di lindungi Undang-undang? Karena jumlahnya udah semakin berkurang, statusnya langka. Kesian kan kalo punah, ntar anak cucu kita gak bisa ngeliat wujud aslinya. Belom lagi sesama mahluk Tuhan itu harus saling menyayangi, gak  boleh kejam, termasuk ama binatang.
  • Soal konsumsi daging kucing sih itu hak masing-masing orang ya..Tapi mbok ya.. cari kek makanan lain yang gak dilindungi. Daging lain kayak ayam, sapi, kambing banyak kok dijual di pasar dan statusnya bebas aja. Kecuali kalo ayam punya tetangga lo ya.. Statusnya dilindungi oleh pemiliknya, jadi jangan asal main tangkap aja.


Sebelum ngeposting apapun tanyain diri lo dulu :

(1) Apa nenek, ortu dan dan keluarga lo pengen ngeliat postingan itu?
  • Apa foto, video, status ato komen lo itu pantes buat diliat oleh nenek, ortu, keluarga, calon suami, calon anak, calon bawahan lo kelak? Pantes gak diliat banyak orang? Siap gak dikomentarin orang? Ingat apa yang sudah terlanjur online bakalan online dan dilihat orang selamanya.

(2) Mikir dulu apa ini sifatnya sangat pribadi/private?
  • Jangan ngeposting foto-foto mesra lo bareng pacar, video pribadi lo, foto-foto seksi lo, bahkan nomor hape. Meski lo bilang itu private tapi kalo udah diposting udah jadi milik umum. Dan itu bisa dengan mudah disebarluasin oleh orang lain dengan satu klik saja. Jadilah hal pribadi menjadi konsumsi publik dan lo bisa jadi bahan olok-olokan atau seremnya bisa jadi korban kejahatan.

(3) Mau gak lo bilang langsung depan orangnya?
  • Sebelum buat status yang terkait orang lain, ato komen di status milik orang, mikir dulu, apa lo mau ngomong hal yang sama kalo ketemu langsung orangnya? Kalo gak, yah gak usah buat status ato komen ! Kalo lo gak punya sesuatu yang baik buat di komentarin ato buat ditulis, mending gak usah komen ato nulis sama sekali.
  • Hargain diri lo, hargai temen lo (yang di dunia maya juga) dengan menggambarkan diri, temen dan lingkungan lo secara positif. 

(4) Apa itu murni pikiran lo?
  • Kalo lo punya sesuatu yang merasa penting buat orang lain tau, ato punya lebih banyak manfaat kalo dibaca banyak orang, silakan tulis ato bagi dengan orang lain. Tapi ingat, jangan asal copy paste, berikan penghargaan pada penulisnya atau darimana sumber tulisan itu lo dapat. Saya sendiri punya tulisan di blog dan di copy paste orang di media lain tanpa nyebutin sumbernya. Kesal sih tapi saya bisa maafin karena kembali lagi ke tujuan utama saya nulis blog, ya.. pengen berbagi. Jika tulisan saya dibaca banyak orang dan memberi manfaat, itu udah cukup kok !
  • Jangan nyebarin sesuatu yang hoax yang belum pasti kebenarannya. Kaya' kemarin tragedi pesawat Aviastar yang jatuh di Sulawesi Selatan banyak yang posting foto pesawat hancur, foto korban terbakar, setelah repost dari sumber yang belum tentu bener. Kita kan jadinya nyebarin berita bohong.

(5) Apa lo mau foto, video, komen, status tentang lo di posting orang lain?
  • Sebelum memposting foto, video, status, komen tentang lo, lo jujur deh, kalo bukan lo tapi orang lain yang ngeposting itu foto, video, nulis status dan komen tentang lo, apa lo rela, apa lo terima, apa lo ikhlas dan seneng? Kalo gak mending gak usah posting deh. Kalo postingan itu lo tau bakalan bikin orang lain sakit hati, bakal bikin geger, bakal jadi kontroversi, mending lo offline aja, nyari kegiatan yang lebih manfaat.


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca

Blog Archive

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}