Home » , » Mengapa dibilang PENGALAMAN ADALAH GURU TERBAIK?

Mengapa dibilang PENGALAMAN ADALAH GURU TERBAIK?

Posted by Catatan Ngocol on Monday 19 October 2015

Pengalaman adalah guru terbaik

  • kita udah terlalu sering denger ungkapan ini sampe ngapal di luar kepala. Kenapa pengalaman kok terpilih sebagai guru terbaik? Kalo ada orang yang gak punya pengalaman artinya gak pinter dong. Wong guru terbaik dia gak punya.
  • Itu sebabnya orang tua dan guru selalu pengen kita jadi orang yang banyak pengalaman, biar pinter beneran, bukan cuma pinter jadi-jadian. Emang ada yang pinter jadi-jadian? Of course. Mereka ini yang dapet nilai tinggi karena jago nyontek, ampir semua trik nyontek dia hapalin di luar kepala. Ato mereka yang "main belakang" buat dapet posisi juara, bintang kelas ato jabatan. Jadi pengalaman yang mereka dapetin itu pengalaman salah yang bikin mereka juga jadi orang pintar karbitan alias jadi-jadian.
pengalaman adalah guru


Trus pegimana ceritanya pengalaman bisa jadi guru?

  • Yang terbaik lagi ! Padahal kan pengalaman gak pernah sekolah guru ato ngambil AKTA IV. Aduh ngaco ! Karena buat jadi guru gak perlu sekolah guru, punya ijazah pendidik ato ngajar depan kelas. Guru adalah lo belajar darinya hal-hal yang bermanfaat buat hidup lo. Guru gak mesti orang, lo bisa belajar kasih sayang dari induk ayam yang ngebela anaknya mati-matian waktu lo ganggu. Lo bisa belajar kerja keras dari tukang bakso keliling yang keluar masuk gang, ato dari anak kecil penjual koran di jalanan.
  • Begitu juga dari pengalaman. Hal-hal yang sudah lo alamin dalam hidup bisa ngajarin lo kebijaksanaan dan kedewasaan. Apa aja yang lo bisa petik dalam pengalaman hidup itulah guru kehidupan lo. Itu sebabnya banyak pengalaman bikin orang tambah pintar dan bijak.


Pengalaman jadi guru yang terbaik, baca ini !

  • Kalo lo gak bergaul dengan para tukang bo'ong di luar sana, lo gak bakalan bisa ngehargain orang jujur. Dan lo bisa paham gimana pentingnya kepercayaan. Tanpa kepercayaan lo gak ubahnya binatang yang bertingkah semaunya karena emang gak punya otak kan?
  • Kalo bukan karena rasa sakit hati yang lo alamin lo gak bakalan belajar betapa pentingnya menyayangi dan menjaga perasaan orang. Karena disakitin itu gak enak.
  • Kalo bukan karena kegagalan lo gak akan belajar dari kesalahan. Lo bisa tau apa aja kesalahan yang bikin lo gagal dan harus lo perbaikin. Jadi saat semuanya berbuah kesuksesan semuanya bakalan terasa manis.
  • Kalo bukan karena rasa kecewa lo gak akan belajar menerima kondisi terburuk dalam hidup. Bahwa hidup gak selalu manis, pahit dan sakit juga ada. Dan itu bagian dari kehidupan yang bikin hidup lo jadi berwarna. Lo gak akan pernah tau rasanya terpuruk kalo lo gak pernah ngalamin. Dan lo bisa ngehargain saat-saat membahagiakan bukan?
  • Kalo bukan karena umpatan, cemohan, rasa benci, hinaan dan kemarahan orang lain pada lo, gimana lo bisa belajar untuk ngehargain diri. Lo bisa bertumbuh dan menjadi dewasa karenanya. Lo belajar bahwa lo gak akan bisa ngubah orang lain. Lo tau  bahwa ada 4 hal yang lo gak bisa kontrol. Lo terima itu semua sebagai proses pendewasaan.
  • Kalo lo gak pernah patah hati, gimana lo bisa belajar move on dan mulai menghargai cinta sejati saat dia datang pada lo suatu waktu.
Masih gak percaya kalo pengalaman itu guru yang terbaik? Itu terserah lo deh ! Selamat mencari pengalaman dan jadiin dia guru terbaik lo ! Baca juga ini Kenapa lo banyak ngeluh?


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca

Blog Archive

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}