Home » » Kalo Lo Lakuin Ini Artinya Lo Setuju Dengan Bully

Kalo Lo Lakuin Ini Artinya Lo Setuju Dengan Bully

Posted by Catatan Ngocol on Saturday 31 October 2015

Bully itu gak bisa ditolerir.

  • Lo pasti udah tau kalo ngebully orang lain itu kelakuan gak bener. Sedapat mungkin lo harus ngejaga diri lo agar tidak jadi korban bully ato malah jadi tukang bullynya. Semua orang berhak buat dihargain. Hiasi hidup lo yang singkat ini dengan sesuatu yang manfaat dan nyenengin. Bukanyang nyenengin diri lo tapi bikin susah orang.
  • Ngebully itu sikap yang gak bisa ditolerir. Kalo lo berbuat hal-hal ini artinya lo setuju dengan bully. Apa saja itu..
bully


Hal-hal yang nunjukin lo setuju seseorang ngebully orang lain

(1) Nertawain korban bully
  • Lo ngeliat seseorang di bully dan pembullynya ngetawain si korban dan lo lewat terus lo ikut-ikutan ketawa, ikut-ikutan nunjuk-nunjukin dan ngata-ngatain dia, itu artinya lo setuju dengan tindakan bully.
(2) Gak ngelakuin apa-apa
  • Lo ngeliat seseorang dibully dan lo lewat aja tanpa menoleh sedikitpun, seolah lo gak peduli pada korban, seolah di sana gak ada kejadian apa-apa dan lo ngebiarin korban menangis tanpa nolongin, minimal ngelaporin sama orang lain yang ada di sekitar lo, itu artinya lo setuju dengan bully.
(3) Ikutan ngegosipin korban
  • Lo ngeliat kalo seseorang di bully, lo emang kesian tapi lo gak nolongin yang ada malah lo nyebarin cerita kalo si A dibully oleh si B dengan nambah sana sini, seolah lo gak peduli sama perasaan korban. Lo jadiin itu sebagai bahan gosip dengan temen-temen lo, hanya biar ada sesuatu buat dibicarain tanpa ada niat buat laporin ke pihak yang berwajib. Itu tandanya lo setuju sama bully.
(4) Jadi kurir
  • Kalo lo jadi kurir alias pembawa pesan antara korban dan pebully artinya lo ikutan terlibat sampe proses bully terjadi. Kalo ada masalah antara temen, suruh mereka bicarain sendiri dengan baik-baik. Jangan mau disuruh-suruh buat nyampein pesan yang bikin orang lain kena bully / masalah. Karena dengan begitu itu artinya lo setuju dengan bully.
(5) Nge like status  atau postingan kejam / gak pantas 
  • Kalo lo ngelike status atau postingan kejam / gak pantas oleh seseorang pada orang lainnya di medsos itu artinya lo ngedukung dia ngelakuin bully.


Terus apa yang mesti lo lakuin?

(1) Jangan diam aja
  • Kalo lo ngeliat seseorang dibully sedapat mungkin tolong dia agar tak terluka lebih parah yang bisa berujung ke kematian. Kalo lo bisa hentikan bully dan mengusir pebullynya pergi itu lebih bagus.
(2) Laporin
  • Kalo lo gak bisa hentikan bully, karena takut lo harus laporin. Kalo kejadiannya di sekolah / kampus laporin sama guru / dosen. Kalo di tengah masyarakat laporin polisi. Gak apa-apa deh jadi saksi.
(3) Jangan ikut nyebarin gosip
  • Kalo lo denger gosip tentang si A yang ngebully si B lo gak usah ikutan nyebarin. Kesian si korban dan si pebully bakalan tambah bangga kalo "keperkasaannya" diketahui orang lain.
(4) Jangan abaikan korban
  • Kalo lo ngeliat korban bully di kesehariannya jangan abaikan dan jangan hindari dia. Beri dukungan moril agar dia bisa bertahan dan bisa cepat memulihkan diri. Banyak lho korban bully yang milih bunuh diri karena semua orang mengabaikan dan menghindari dirinya.


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca

Blog Archive

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}