Home » , » Apakah Ular Menyerang Orang Tanpa Alasan?

Apakah Ular Menyerang Orang Tanpa Alasan?

Posted by Catatan Ngocol on Thursday 15 October 2015

Ular jarang nyerang orang

  • Kalo ngeliat 10 phobia teratas, hal yang paling ditakuti oleh orang kebanyakan adalah ULAR. Mengapa orang takut pada reptil melata ini? Mungkin karena banyak orang yang meninggal karena gigitan ato belitan binatang ini. Belum lagi ada bisa mematikan dalam mulutnya. Jadi sedapat mungkin kalo ketemu binatang ini kabur aja deh.
  • Padahal sebenarnya ular itu jarang nyerang orang karena mereka ini adalah binatang pemalu. Mereka ini gak seagresif binatang lainnya yang lebih milih kabur ketimbang harus berhadap-hadapan dengan orang. 
  • Sebenarnya sih lebih banyak orang yang nyerang ular buat kepentingan manusia ketimbang ular yang nyerang orang. 
ular

Apa ular nyerang orang tanpa alasan?

Gak lah pasti ada alasannya. Sama seperti kenapa orang diserang anjing atau kenapa harimau nyerang orang. Semua tindakan binatang itu meski dia gak punya otak kaya kita manusia yang suka ngaku-ngaku cerdas ini, insting lah yang bikin mereka bertindak untuk bertahan hidup.
So, kenapa ular nyerang kita?

(1) Merasa terancam
  • Seperti halnya binatang liar lain, ular bakalan nyerang kalo ngerasa terancam. Yang dilakukannya sebenarnya membela diri dari ancaman, termasuk dari manusia.
(2) Merasa terkejut
  • Kalo ada yang ngejutin tiba-tiba lo pasti langsung kaget dan spontan ngelakuin sesuatu. Ular juga begitu. Kalo dia lagi asik leha-leha di atas pohon trus lo tiba-tiba nongol dan ngeganggu keasikannya, sudah pastilah lo bakalan dipatok. 
(3) Salah identifikasi
  • Misalnya lo punya peliharaan ular dan habis megang tikus trus tangan lo gak dicuci dan lo coba-coba megang ular kesayangan lo, udah pastilah tangan lo langsung dicaplok. Kenapa? Ular salah identifikasi tangan lo sebagai mangsa (tikus). Mereka ini penciumannya sangat tajam tapi penglihatannya kabur kaya orang kena katarak.
(4) Melindungi telurnya
  • Sama seperti binatang manapun yang sedang mengerami telur / memiliki sarang pasti punya naluri buat pertahanin sarangnya dari serangan penggangu dari luar.
(5) Kompetitor
  • Ular bakalan nyerang orang kalo dipikirnya orang tersebut kompetitor ato saingan dalam hal mangsa. Dimana-mana juga begitu, bahkan di dunia manusia juga sudah ada saling memangsa sesama kompetitor yang dianggap saingan dalam mencapai tujuan.
(6) Bikin dia marah
  • Kebanyakan ular nyerang orang karena orang tersebut mengganggunya dan bikindia marah. Kalo ketemu ular biarin aja dia dengan hidupnya. Nyerang lo adalah pilihan terakhir yang bakalan ditempuhnya, kecuali kalo lo bikin dia marah dengan ngelempar batu, ato nonjok-nonjok dia pake kayu. Lo kalo ketemi macan, beruang gak pernah ngelempar dan nonjok mereka pake kayu kan, lalu kenapa lo malah ngelakuin hal sama pada ular. Lo memang cari gara-gara namanya.
Yang jelas ular nyerang orang itu adalah pilihan terakhir yang bakalan ditempuh. Mereka milih kabur ketimbang harus ngedepin lo. Jadi kalo lo tiba-tiba berjumpa ular dalam perjalanan lo, jangan panik apalagi ngajak foto selfie bareng, lo harus tenang, dan biarkan dia berlalu dengan damai. Peace..


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca

Blog Archive

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}