Home » » Apa Sebenarnya Yang Paling Ditakutin Orang? 10 Phobia Teratas

Apa Sebenarnya Yang Paling Ditakutin Orang? 10 Phobia Teratas

Posted by Catatan Ngocol on Friday 11 September 2015

Phobia adalah ketakutan pada sesuatu, bisa laba-laba, ketinggian, gelap, dan hal-hal remeh temeh lainnya yanhg menurut orang lain biasa aja. Berikut ini 10 phobia teratas, hal-hal yang plaing banyak ditakutin orang.

takut

# 10. Dokter Gigi

  • What...??? Banyak orang yang takut ke dokter gigi lho. Takut sakit, takut ngalamin sensasi aneh saat bor sang dokter menari-nari dalam mulut mereka. Belum lagi kalo gusi harus disuntik, mulut yang gak nyaman terasa kebas dan beku adalah pengalaman yang bikin orang-orang pada takut ke dokter gigi. Nyabut gigi apalagi, kayaknya gak rela deh, salah satu bagian penting dari tubuh kita harus pergi. Yang paling nakutin sih biasanya tagihan... secara dokter gigi kan mahal sob..!
# 9. Anjing
  • Banyak lho orang yang terkena Cynophobia, yaitu ketakutan yang ekstrem sama anjing. Mungkin pernah punya pengalaman dikejar atau digigit anjing. Pepatah yang bilang "anjing menggonggong kafilah terus berlalu",  gak berlaku buat orang ini. Kalo ada anjing menggonggong dia pasti segera berlalu alias ambil langkah seribu.
# 8. Terbang
  • Bukan terbang kayak superman tapi nih orang takut naik pesawat, nama kerennya sih aviophobia. Orang ini gak bisa naik pesawat karena suka cemas nanti pesawatnya jatuh dan dia bakalan mati. Padahal naik pesawat itu jauh lebih aman dari naik mobil lho sob..(baca : seberapa amankah naik pesawat terbang?)
# 7. Kilat dan petir
  • Ada orang yang milih sembunyi saat mendung, karena dia takut banget sama petir dan kilat yang menyambar-nyambar. Begitu dengan suara petir dia bakalan panik, tutup telinganya, jantungnya berdegup kencang udah gitu tangannya keringetan lagi. Orang ini mungkin punya pengalaman buruk dengan cuaca.
# 6. Gelap
  • Ada orang yang takut sama gelap, namanya nyctophobia. Kebanyakan sih anak-anak penderitanya. Mengapa? Karena anak-anak tuh imajinasinya tinggi banget. Dia bisa ngebayangin sembarang mahluk muncul dari balik kegelapan dan bakal gangguin dia.
# 5. Ketinggian
  • Sekitar 3 sampe 5 % dari populasi orang di dunia ini memiliki phobia pada ketinggian atau acrophobia. Orang-orang ini gak berani ngeliat ke bawah saat berada di ketinggian karena takut jatuh dan merasa gak seimbang.
# 4. Bicara depan publik
  • Ada orang yang takut ngomong di depan publik karena merasa semua orang mandangin dia dan mulai menilai dirinya. Keringat yang mengucur deras, suara yang bergetar, jantung yang berdegup kencang serta kekakuan mulut adalah sebagian dari tanda-tanda orang yang takut sama orang lain ini alias social phobia.
# 3. keramaian /tempat baru
  • Ada orang yang gak bisa tahan berada di keramaian atau tempat baru yang belum dikenalnya. Dia bakalan bingung dan panik jika berada di tempat-tempat tersebut.
# 2. hewan merayap
  • Ada orang kebanyakan sih cewek takut sama binatang merayap yang mengerikan menurutnya seperti laba-laba, tokek bahkan kecoak. Mereka gak bisa sama sekali liat binatang ini. Bahkan yang paling ekstrim, liat gambarnya udah memicu denyut nadinya dan bisa bikin pingsan seketika. 
# 1. Ular
  • Ternyata phobia yang paling banyak diidap oleh manusia di bumi ini adalah phobia terhadap ular. Aku punya temen yang kalo liat ular, bahkan gambarnya udah bakalan lari terbirit-birit ketakutan.


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca

Blog Archive

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}