Home » , » Kalo Ada Infeksi Pasti Tubuh Langsung Demam, Mengapa?

Kalo Ada Infeksi Pasti Tubuh Langsung Demam, Mengapa?

Posted by Catatan Ngocol on Tuesday 15 September 2015

Suhu tubuh tiap orang itu beda-beda dan dipengaruhin banyak faktor seperti aktivitas makan,  olahraga, tidur dan jam berapakah saat itu. Bener, waktu juga punya pengaruh bagi suhu tubuh. Biasanya suhu tubuh tertinggi didapetin jam 6  pagi dan suhu tubuh paling rendah didapetin pas jam 3 sore. Cewek-cewek juga kalo dapat tamu bulanan suhu tubuh suka naik lho 1 derajat. Gak percaya? Ukur sendiri !


Salah satu reaksi perubahan suhu tubuh kita kenal dengan demam. Kamu semua pasti udah pernah ngerasain meningkatnya suhu tubuh alias demam ini kan? Begitu ke dokter,  dia bilang ada infeksi dalam tubuh dan reaksi tubuh buat ngelawannya dengan ningkatin suhu tubuh.

Apa sebenarnya yang terjadi?

Kenapa tubuh jadi demam? Penjelasan ilmiahnya sih begini:  demam disebabkan oleh bahan kimia yang disebut Pyrogen yang mengalir dalam aliran darah. Mas Pyrogen ini menempuh perjalanan menuju hyphotalamus di otak. Hyphotalamus ini tanggung jawabnya berat banget termasuk ngatur-ngatur suhu tubuh kamu. Kalo Pyrogen tertambat dengan reseptor tertentu di otak maka suhu tubuh otomatis naik. Ini reaksi yang alami dari sistem imun tubuh kamu buat nyatain perang dengan virus / bakteri yang nyelonong masuk dalam badan kamu.
Jadi kalo badan kamu demam biang keladinya Pyrogen ini. 

Pyrogen yang paling umum dikenal disebut Interleukin-1 (IL-1). Si Miss IL-1 diproduksi oleh sel darah putih yang namanya macrophages, kalo kontak dengan bakteri dan virus tertentu. Miss IL-1 bakalan ngasi sinyal ke sel darah putih yang namanya sel helper T untuk beraksi melawan serangan akibat virus dan bakteri itu tadi. Mereka ini ibaratnya tentaranya tubuh.

Cara aksinya bukan langsung aksi tembak-tembakan kayak di film action , tapi langsung naikin suhu tubuh lebih tinggi dari biasanya. Suhu tubuh yang tinggi ini dianggap cukup buat mematikan virus / bakteri yang sensitif dengan perubahan suhu. Jadilah mereka megap-megap koit dan tubuh kamu selamat.


Kalo demam itu penting, gak usah diturunin pake obat dong, begitu ya?

Sepanjang demamnya sedang-sedang aja gak perlu diturunin. Yakin aja kalo badan kamu bakalan baik-baik aja karena tentaraa tubuh udah ngelakuin tugasnya dengan baik, menetralizir zat pengganggu dalam badan kamu. Cukup minum air putih yang banyak dan istirahat.

Tapi kalo demamnya udah bikin gak nyaman perlu obat penurun panas yang dikenal dengan nama anti.. alias antipiretik. Mbak anti ini terdiri dari beberapa jenis obat tergantung apakah demam kamu disebabkan virus ato bakteri. Kalo disebabkan virus ya bisa pake mbak anti yang mengandung ibuprofen atau asetaminofen. Kalo bakteri yang jadi biangnya, kamu harus minum antibiotik.

Kalo demam udah tinggi banget sampe 42 derajat Celsius perlu perhatian serius. Karena bisa bikin kerusakan otak. Wuih... serem.. Ujung-ujungnya pasti bisa say good bye dengan dunia ini.

So... jangan sepelekan demam guys..!


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca

Blog Archive

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}