Home » , » Kematian Karena Hiu itu Kecil Tapi Kenapa Orang masih Takut Hiu?

Kematian Karena Hiu itu Kecil Tapi Kenapa Orang masih Takut Hiu?

Posted by Catatan Ngocol on Friday 11 September 2015

Mati di gigit hiu? Nggak Deh !

Gak banyak hewan yang nakutin bagi manusia seperti halnya hiu. Hewan air dengan gigi tajam dan perenang cepat ini jadi momok dan sering kena prasangka buruk dari orang-orang yang suka main air di pantai/laut. Padahal sebenarnya hiu bukan ancaman besar buat manusia, karena frekuensi kematian yang disebabkan serangan hiu itu begitu kecil. Tapi kok manusia masih juga takut sama ni hiu ya..?


gaul

Sebenarnya sederhana aja kok. Mati karena digigit hiu kedengarannya sangat "mengenaskan". Padahal kan banyak cara mati yang lebih "elegan"? Belum lagi bayangan yang ada di kepala gara-gara film JAWS atau gambaran yang dicontohin oleh media ke kepala kita kalo hiu itu ganas dan mengerikan. Gimana tuh badan yang mati-matian di rawat baek-baek dicabik-cabik oleh hewan predator ini. Ngeri-ngeri sedap..


Peluang serangan hiu itu sangat kecil

Padahal tau gak? Menurut data dari International Shark Attack Universitas Florida di Amrik sono, secara statistik peluang kamu bakalan koit di serang hiu adalah 1 dari 3.748.067 kematian. Sebagai perbandingan, kamu punya resiko koit lebih tinggi karena serangan jantung (1 dari 5 kematian), kanker (1 dari 7 kematian), kecelakaan mobil (1 dari 84 kematian) daripada jadi korban serangan hiu.

Bahkan kalo kamu anak pantai sejati yang doyan banget maen air resiko koit karena bahaya lain di pantai seperti tenggelam (1 dari 1.134 kematian) atau paparan sinar matahari ekstrem ( 1 dari 13.729 kematian) lagi-lagi jauh lebih besar dari koit gara-gara tatap muka dengan hiu.


Sumbernya dari otak

Ketakutan karena hiu sumbernya di otak, bagaimana otak memproses informasi yang diterimanya. Faktanya pertama, manusia itu di desain tuk ngeproses informasi pertama-tama pake perasaan baru setelah itu pake pikirannya. Fakta kedua manusia lebih cenderung make perasaannya baru kemudian make otaknya.

Dengan kata lain kalo orang "mikir" tentang hiu, dia gak bisa mikir secara objektif (mikir dengan bener), cenderung buat takut duluan ketimbang mikirin bahaya yang bisa disebabkan hiu secara rasional. 

Pertanyaannya kok mesti hiu sih? Kan banyak tuh hewan lain yang serangannya juga sama mengenaskannya kayak serangan serigala,  beruang atau buaya deh. Tapi kan jarang kita denger ada orang yang begitu takut ama 3 binatang ini seperti takutnya pada hiu.

Sebenarnya ada banyak shortcut di otak yang ngebikin kita menilai suatu informasi dengan cepat. Kita langsung ngambil kesimpulan seketika tanpa perlu mikir lama-lama. Karena mikir itu butuh kalori dan usaha. 

Ada shortcut di otak yang namanya keren "avalaibility heuristic" yang pertama kali diperkenalkan oleh psikolog Daniel Kahneman. Ini adalah kecenderungan otak tuk fokus pada informasi yang baru-baru ini kita cerna, sebelum ngambil suatu kesimpulan. Katakanlah, kamu baru aja nonton acara tentang hiu di TV dan ngebaca serangkaian serangan hiu pada manusia, entah di koran atau media online. itu sedikit banyaknya mempengaruhi penilaian kamu tentang hiu saat berenang di lepas pantai.
Orang cenderung buat melompat ke kesimpulan yang emang udah ada duluan di otaknya. Jadi gak mikirin apakah kesimpulannya itu bener ato gak.

Hal lain yang bikin orang takut sama hiu itu adalah bayangan kalo hiu itu bisa bikin badan kita dikunyah-kunyah mentah-mentah (dikunyah idup-idup). Orang lebih pilih mati karena sakit ato tidur gak bangun lagi ketimbang ngadepin kenyataan dikunyah idup-idup.

Kemudian kapan serangan hiu bakal terjadi, susah diprediksi. juga turut memperparah rasa takut orang-orang. Karena bisa tiba-tiba muncul dari bawah air dan nyerang mangsanya.

20 hal yang membunuh lebih banyak ketimbang serangan hiu *

  1. Salah penanganan di Rumah sakit, membunuh 180.000 orang / tahun
  2. Kegemukan, membunuh kurang lebih 30,000 orang / tahun
  3. Kesamber petir, membunuh kurang lebih 10,000 orang / tahun
  4. Ponsel, ngirim sms / nelpon saat nyetir membunuh kurang lenih 6,000 orang / tahun 
  5. Serangan kuda nil, membunuh 2,900 orang / tahun
  6. Kecelakaan pesawat, membunuh 1.200 orang / tahun
  7. Letusan gunung berapi, membunuh 845 orang / tahun
  8. Tembakan pistol, membunuh 606 orang di amrik
  9. Jatuh dari tempat tidur, membunuh 450 orang / tahun di amrik
  10. Kecelakaan di bathtub kamar mandi, membunuh 340 orang / tahun
  11. Serangan rusa, membunuh 130 orang / tahun
  12. Tetesan air yang membeku, membunuh 100 orang / tahun di Rusia
  13. Tornado, membunuh 60 orang / tahun
  14. Ski / snowboard (papan luncur) membunuh 41,5 orang /tahun
  15. Ubur-ubur, membunuh 40 orang / tahun
  16. Anjing, membunuh 30 orang / tahun di amrik
  17. Semut, membunuh 30 orang / tahun
  18. Keracunan kerang, membunuh 15 orang / tahun
  19. Roller coaster, membunuh 6 orang / tahun
  20. Hiu, membunuh 5 orang / tahun
* ) dari berbagai sumber

Masih takut sama hiu gan????


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca

Blog Archive

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}