Home » , » Hal Cerdas Ini Terinspirasi Dari Pemalas Lho !

Hal Cerdas Ini Terinspirasi Dari Pemalas Lho !

Posted by Catatan Ngocol on Tuesday 29 September 2015

Betulkah pemalas itu manusia gak ada guna?

  • Para pemalas kadang dianggap sebagai manusia gak berguna. Sekedar hidup tapi gak ngasi manfaat apa-apa pada hidupnya dan masyarakat. Masa sih?
  • Tidak mungkin Tuhan ngeciptain seseorang tanpa guna. Bahkan para kriminal itu juga berguna. Coba kalo gak ada mereka kita gak butuh polisi, jaksa, hakim, sipir penjara. Bakalan banyak orang yang nganggur. Belom lagi gak ada yang nyiptain senjata, pistol dan peluru buat ngelumpuhin mereka kan?
  • Begitu juga dengan manusia-manusia pemalas di muka bumi, pasti ada sumbangsihnya buat kemanusiaan. Masa' mereka diciptakannya begitu aja muat menuh-menuhin dan bikin sesak dunia ini?
pemalas yang cerdas


Hal cerdas yang terinspirasi oleh pemalas

(1) Nemuin alat-alat modern /nginspirasi penemunya
  • Lo pikir siapa yang nemuin remote TV, AC, Tape/CD Player. Para penemu yang terinspirasi oleh para pemalas. Mereka terlalu malas buat bergerak sekedar nekan tombol, akhirnya terciptalah alat-alat buat menunjang kemalasan mereka.
  • Siapa yang nemuin sempoa, kalkulator bahkan komputer? Yup.. penemunya... tapi kira-kira mengapa mereka bikin alat-alat itu? Supaya gak perlu susah-susah mikir, ngambil kertas cakaran buat ngitung-ngitung. Lagi-lagi terinspirasi dari pemalas-pemalas ini. Yang malas nemuin sempoa, yang lebih malas nemuin kalkulator, yang super malas nemuin komputer.
(2) Nemuin shortcut / jalan pintas
  • Pemalas tuh ogah buat ngelaluin jalan panjang, berliku penuh batu dan lubang. Dia pengen sampe di tujuan dengan cepat, singkat dan nyaman tanpa ngebuang-buang energi. Nah mereka inilah yang nemuin jalan pintas.
  • Shortcut di komputer dan icon-icon itu siapa yang nyiptain? Para pemalas. Dia ogah  buat nelusurin file / program buat nyari program dan aplikasi yang dibutuhin. Jadilah dia nyiptain shortcut dan icon yang sekali klik.. eng ing eng.. file / aplikasi terbuka dengan suksesnya.
  • Emoji itu terinspirasi dari para pemalas, yang suka ogah nulis perasaannya. Emoji atau emoticon ngebantu kita ngungkapin perasaan dengan lebih cepat.
(3) Bikin semua jadi simpel
  • Beli baju/sepatu/tas yang sewarna ato minimal senada dan bisa dipadu padanin satu sama lain. Jadi kalo keburu-buru ato pengen kemana-mana gak perlu mikir mo pake baju apa.. wong bajunya semua sama dan dipadanin dengan apa aja cocok.
  • Masukin semua janji/agenda dalam smartphone yang bakalan bunyi buat ngingetin hari itu ada jadwal apa? Gak perlu pusing buat ngapalin dan inget semua janji. 
  • Motong rambut pendek ato dibotakin sekalian. Gak perlu sisiran. Hemat biaya cukur, shampo ato minyak rambut. Belum lagi ongkos salon sama hiasan rambut bagi yang cewek.
(4) Gak suka kerja lama-lama
  • Lo pikir siapa yang nemuin wirausaha? Ya.. para pemalas. Mereka ogah buat kerja kantoran yang ngabisin waktu trus digaji dikit. Mending dia jadi bos di usahanya, nentuin jam kerja sesukanya dan ngasah kreatifitasnya tanpa perlu nyenengin bos ato berseteru dengan rekan kerja.
  • Kalo pengen tidur, males-malesan, bole aja, gak ada yang ngelarang. Lo tinggal nunggu pembeli datang, udah gitu ngorok lagi deh.
(5) Ngemudahin hidup
  • Kira-kira kenapa ada ATM drive thru, Fast food drive thru? Para pemalas ogah keluar dari mobil mereka hanya buat jalan mesan makanan ato narik duit. Akhirnya diciptainlah drive thru ini.
  • Ada ATM, mesin setor duit bahkan ada ATM yang bisa dipake buat nyetak buku tabungan juga lo. Ini karena orang semua males ngantri berlama-lama hanya buat narik, nyetor dan nyetak buku tabungan.
  • Lo kira kenapa ada kertas tisu, piring dan gelas kertas, pampers, pembalut wanita? Orang-orang malas buat nyuci piring ato nyuci pakaian dalem/lap. Sekalian aja buat yang sekali pake. Selesai dipake langsung buang, gak perlu dicuci lagi. Praktis kan?
  • Kenapa ada toko online, delivery order, kartu kredit? Orang males banget buat jalan keluar rumah sekedar beli sesuatu atau order makanan, bayarnya tinggal di gesek pula. Gak perlu sibuk bawa-bawa duit segepok di dompet.
  • Lo pikir kenapa sekarang banyak yang pake touchscreen/layar sentuh? Karena orang males buat nekan tombol banyak-banyak. Cukup nempelin tangan ke layar, urusan semua beres.
  • Lo liat sekarang juga banyak yang wireless kan? Microphone wireless, mouse wireless, music player wireless. keyboard wireless. Kenapa? Orang males bawa colokan plus kabel yang panjang-panjang and njelimet
(6) Mampu mempengaruhi orang
  • Mereka ini terlalu malas ngelakuin apa-apa dan harus bisa mempengaruhi orang lain buat ngerjain pekerjaan itu untuknya. Orang malas biasanya jago ngebujuk, jago nego, jago ngeles juga, hanya buat nyuruh orang ngerjain apa yang seharusnya dia kerjain, ato nyari alesan buat ngindar dari pekerjaan yang males dia lakuin.
(7) Inga'-inga' pesan Bill Gates
  • Om Bill yang super kaya gara-gara nemuin komputer ini doyan ama orang malas. Dia bilang " I will always choose a lazy person to do a difficult job, because he will find an easy way to do it". Artinya kurang lebih gini, "Saya mah suka milih pemalas buat ngerjain tugas yang susah, karena mereka bakalan dapet cara termudah buat nyelesein tugas itu, saya mah orangnya gitu." (Bill Gatesnya ternyata sunda...)


Kesimpulan

  • Jangan ngeremehin mereka yang malas dan terkesan pemalas. Karena merekalah tercipta banyak inovasi-inovasi hebat di dunia ini. Buat yang emang malasnya udah kebangetan, kembalilah ke jalan yang bener. Emang malas jalan yang salah? Iya... terutama kalo males ibadah ntar masuk neraka, kalo males makan ntar kena maag, kalo males mandi ntar panuan udah gitu baunya gak ketulungan, kalo males ngomong ntar dikira sombong ato gagu. Pokoknya males yang wajar aja. 
  • Jadilah pemalas yang bermanfaat dan cerdas alias Smart Lazy Person. Karena males ngerjain hal-hal yang ribet akhirnya nemuin jalan pintas buat mudahin hidup, secara legal, bukan ilegal ya..? Ntar ditangkep polisi. Kalo bisa jadi orang baek meski malas lebih mulia ketimbang jadi orang jahat yang rajin (rajin malak orang, rajin nipu orang, rajin bikin susah orang).
  • Tapi yang paling utama jadilah orang yang gak males alias rajin. Karena rajin itu pangkal pandai.. (dari SD kita udah belajar ini ungkapan kan?)
  • Mulai hari ini, mari kita rajin semua..Bye-bye malas!!!


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca

Blog Archive

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}