Home » , » Kalo Makan Cabe Kok Pedesnya Makin Lama Makin Nambah? Kenapa Ya?

Kalo Makan Cabe Kok Pedesnya Makin Lama Makin Nambah? Kenapa Ya?

Posted by Catatan Ngocol on Wednesday 2 September 2015

Pedes itu bukan termasuk rasa lho !

Buat lo yang doyan makan pasti sudah sobatan sama yang namanya sambel / cabe. Makan sambel itu adalah wajib hukumnya buat dapetin makan yang nikmat. Lo bisa bayangin makan tempe goreng, ayam goreng, tahu goreng pokoknya gorengan tanpa cocolan sambel wah pasti kurang afdhol. Emang karena negara ini produsen cabe jadi ya sah-sah aja kalo penduduknya doyan sambel. Mau tau alasan lainnya baca aja ini mengapa orang Indonesia doyan makan sambel?


Lo pada tau gak, kalo sebenernya sih rasa sayange eh... rasa dasar itu cuma ada 5, yaitu manis, asin, asem, pahit dan gurih.
Pedes itu bukan rasa, tapi iritasi yang disebabkan oleh makanan pedes yang bikin perasa pada lidah jadi menderita.
Yang bikin rasa pedes pada lidah adalah karena ada zat yang namanya cap cai eh....capsaicin yang suka kurang ajar mengiritasi indera perasa kita.

Kata pakar cabe sih ada 21 jenis capsaicinoids (molekul yang ngendon dalam cabe) dan setiap jenis ini efeknya pedesnya beda-beda. Perhatiin kalo lo makan cabe keriting, cabe merah atau cabe rawit pasti tingkat kepedesannya beda-beda bukan?
Ada yang rasanya bikin mulut terbakar, trus bibir megap-megap jadi sesexy Angelina Jolie, ada juga yang efeknya di tenggorokan. Ada yang begitu masuk mulut langsung bereaksi, ada juga yang pelan-pelan baru kerasa pedasnya.

Kok makin lama makin pedes ya tuh cabe di mulut?

Saya ulangi lagi pedes itu bukan rasa ya? Tapi reaksi yang ditimbulkan oleh indera perasa di lidah karena adanya capcaisin dalam cabe yang mengiritasi bagian dalam mulut kamu.
  • Jadi kualitas kepedesannya tergantung dari berapa banyak cabe yang lo masukin dalam sambel ato masakan lo. Makin banyak pasti makin pedes ya... (udah pasti, anak SD juga tau).
  • Tingkat kepedesan cabe juga dipengaruhi oleh bahan lain yang menyatu dalam masakan. Produk susu atau santan bisa ngurangin tingkat kepedesan cabe, sama seperti lemak lainnya. Jadi kalo kamu kepedesan minum susu aja dijamin pedesnya bakalan berkurang (apa nyambung ya... makan sambel minumnya susu??)
  • Kalo produk makanan yang mengandung lemak bisa nurunin tingkat kepedesan cabe, makanan yang asem-asem bisa bikin mulut tambah terbakar. Kayak cuka, acar, manisan sama nyium ketek asem.... kalo ini mah bukan pedes lagi tapi udah muntah..!! oeeek.. Wah, kalo begitu yang jual martabak gagal paham nih... masa' kita di kasi martabak dengan cabe plus bonus acar? Pantes aja pedesnya bikin menderita.
  • Trus kok makin lama nih cabe di mulut makin pedes ya? Karena makin lama lo makan, ngunyah-ngunyah tuh cabe / sambel dengan penuh kenikmatan (nikmat yang akhirnya membawa sengsara) makin banyak indera perasa yang teriritasi sepanjang acara hajar-hajaran cabe dalam mulut lo. Rasa pedes ini pelan-pelan hilang seiring dengan waktu, saat ni reaksi iritasi di mulut brenti dan zat capcaisin ini menghilang bercampur dengan iler dalam mulut lo.
Well.. makan cabe sih gak dilarang.. silakan aja sob. Yang gak boleh itu makan cabe yang gak dicuci karena bisa bikin mencret, jangan metik cabe tetangga karena ntar kepedesan karena dihajar dan jangan ngutang cabe di penjual ntar pedesnya nambah karena gak berkah, trus jangan coba-coba nyulik cabe mbak penjual gado-gado karena nanti dilempar ulekan.... 
Mau tau apa akibatnya kalo keseringan makan cabe? Baca deh di sini. Baca juga apa cabe bisa bikin celaka?
Yang penting jangan jadi cabe-cabean ntar pedesnya juga pedes-pedesan...

Selamat berpedes-pedes ria..


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca

Blog Archive

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}