Home » , » Apa Cabe Bisa Bikin Celaka?

Apa Cabe Bisa Bikin Celaka?

Posted by Catatan Ngocol on Wednesday 2 September 2015

Bahan aktif yang ngendon di cabe itu namanya capsaicin yang merupakan zat pengiritasi bagi mamalia termasuk manusia. Menariknya bagi keluarga burung zat ini lebih sebagai penghilang rasa kebas daripada pengiritasi.

Buat kamu yang ngefans sama cabe kudu hati-hati juga dengan idolamu ini karena ada pengalaman orang-orang yang cedera dan celaka gara-gara cabe. Gak termasuk yang dilempar ulekan gara-gara ngambil cabe yang bukan haknya ya...

Cabe yang menawan lidah
(photo credit for www.wonderopolis.org)

Perhatikan hal-hal berikut ini :
  • Karena dasarnya iritan (zat yang mengiritasi) seperti halnya iritan lainnya bisa bikin celaka kalo dikonsumsi dalam jumlah tertentu. Efek yang ditimbulkannya mulai dari mual, sakit perut dan diare.
  • Capsaicin bisa mengiritasi mata, kalo gak sengaja makan sambel diselingi kucek-kucek mata dan gak tanggung-tanggung bisa bikin mata kena konjuktivitis yaitu semacam penyakit radang selaput mata. Bahkan ada orang yang matanya terluka oleh lensa kontak, karena mencoba ngelepas lensa kontaknya setelah ngulek cabe, nah lho !
  • Capsaicin juga kalo disemprotin ke kulit bisa mengiritasi dan bikin kulit memerah. (Ngapain juga nyemprotin cabe ke kulit? Kurang kerjaan amat ya?). Ini bisa ngejelasin kenapa kalo habis memutilasi cabe tangan jadi pedes dan memerah.
  • Capsaicin dalam cabe kalo dikonsumsi gak terkira bisa merangsang kelenjar lendir hidung dan bikin hidung ngeluarin air terus menerus. Kalo saat flu berat ini cukup membantu tapi kalo kelamaan bisa bikin idung memerah dan boros tissue.
  • Cabe bener-bener bisa bikin celaka kalo dimasukin dalam semprotan (merica) dan nyemprot mata orang. Biasanya cewek-cewek suka bawa-bawa ini sebagai salah satu mekanisme pertahanan diri.

Apapun bisa bikin celaka kalo penanganannya gak bagus.
Khusus soal cabe-cabean silakan baca  artikel sebelumnya kok makan cabe pedesnya makin lama makin nambah ya?

Salam..


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca

Blog Archive

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}