Home » , » Mengapa Banyak Orang Yang "Ikhlas" Bertato?

Mengapa Banyak Orang Yang "Ikhlas" Bertato?

Posted by Catatan Ngocol on Tuesday 1 September 2015

Tato dimana-mana. Kalo nengok dikit ada bagian tubuh yang terbuka pasti ada tatonya nyembul.
Gak terkecuali cewek. Pemahaman mak sama bapak kita dulu kalo yang pake tato tuh pasti orang gak bener, kudu diwaspadain. Ketemu mereka harus siap tempur. Kalo gak bisa ngelawan mending pake ilmu meringankan tubuh alias lari sekencang-kecangnya.
Tato juga diidentikkan dengan residivis, napi atau mantan napi.
Tapi sekarang ini makin banyak orang yang punya tato dan sengaja ngumbar biar keliatan ama orang.


Angelina Jolie dengan tatonya
(photo credit for vinzdream2006.deviantart.com)

Sebenarnya tato itu udah lama ada, kata mbak Wikipedia sih sejak abad 18. Kata tato sendiri itu pinjaman dari bahasa Polynesia tatau yang artinya membenarkan.
Banyak suku-suku di Afrika, Selandia Baru, Australia, Eropa bahkan Papua yang ngiklas banget natoin badannya, karena bagian dari budaya mereka.
Itu dulu... kita ngomong yang sekarang aja ya?

Kenapa ya sekarang orang udah gak malu lagu buat nato badannya? Mereka keliatan iklas dan nyaman aja dengan kulit yang bergambar warna warni itu.

(1) Pemahaman udah bergeser
Masyarakat dulu mungkin takut ama orang bertato karena kesannya pasti bad guy ato bad girl.
Tapi anak muda sekarang udah lebih bebas dan gak nganggap tato itu sesuatu yang tabu, yang jelek, yang aneh. Banyak orang yang masih takjub dan heran dan takut sama orang bertato. Karena kebayang kalo ni orang preman ato orang jahat. Tapi gak sedikit juga yang suka ngeliat mereka karena dianggap unik. Orang yang pikirannya udah terbuka biasanya gak masalahin hal ini. Suka-suka orang aja. Sepanjang lo gak ganggu gue, gue bakalan respek sama lo.

(2) Personality
Banyak yang sengaja natoin badannya buat memperjelas identitas dirinya sebagai pribadi yang unik. Lo bisa bedain dia dengan orang lain hanya cukup ngeliat tatonya aja.
Ada orang yang ngerasa beda dan pengen nyampein kalo dia beda dengan cara tampil beda.
Ada yang ngerubah gaya rambutnya. Ada yang tampil dengan fashion yang nyeleneh dan gak biasa. Ada juga yang natoin badannya. Nah mereka inilah yang kadang dianggap antimainstream. Tentang hal ini lo bisa baca artikel mengapa jadi orang anti mainstream itu menyenangkan?

(3) Cita rasa seni
Banyak orang yang gak grogi lagi nampilin tatonya. Karena ngerasa kalo tato itu bukan sembarang tulisan atau gambar di atas kulit tapi bagian dari cita rasa seni, atau hasil karya kreatif artistik dari para seniman yang disebut tato artist. Mereka nyamain tato dengan lukisan di atas kanvas, yang bisa diapresiasi keindahannya.

(4) Prasasti
Tau gak yang namanya prasasti? Batu yang digunakan buat nandai sesuatu peristiwa yang penting.
Nah tato juga sama. Orang rela natoin nama, tempat, kata-kata, ungkapan, gambar yang mewakili suatu kejadian penting dalam hidup mereka. Natoin nama pacar, nama kucing kesayangan bahkan nama oma lo yang udah meninggal bisa jadi pengingat pada orang-orang terkasih ini. Johny Deep waktu masih cinta-cintaan ama Winona Ryder itu natoin nama Winona di badannya.
Belum lagi kalo lo suka sama kutipan kata-kata pemberi semangat, ditatoin di badan biar tuh kata-kata terus keinget dan dibawa kemana pergi plus orang lain bisa baca dan bisa ikut termotivasi juga.

(5) Nutupin luka
Selain sebagai prasasti buat ngenang hal-hal tertentu dalam hidupnya ada juga orang yang natoin badan tuk nutupin bekas luka atau luka parut yang keliatan jelek banget di kulit. Biar ni cacat gak keliatan, ada orang yang nutupin dengan gambar-gambar yang lebih enak diliat.

(6) Kecantikan
Cewek tuh paling doyan mempermak alias ngerombak mukanya. Alis suka dibabat abis, (alasannya baca di sini, mengapa cewek suka cukur alisnya?). Belum aplikasi make up yang paling heboh, padahal make up terbaik seorang gadis itu ini lho. Nato juga masuk dalam industri kecantikan. Ada tato alis dan tato bibir biar tetep keliatan merah merekah.

(7) Ikut idolanya
Banyak aktor, artis dan orang terkenal yang punya tato. Para fans yang seneng dan selalu ingin dekat dengan idolanya milih buat ikutan punya tato. Kalo perlu tato bergambar idola dipajang di badannya.

Well itulah alasan mengapa banyak orang yang iklas dan nyaman aja bertato sekarang ini.
Itu alasan masing-masing orang buat ngelakuin apapun dengan badannya. Ini masalah selera sob..
Lo bisa gak suka sama tato tapi kalo ada yang natoin badannya sepanjang gak ngesusahin lo ya buarin aja..
Sama juga dengan ada orang yang selera pakainnya norak banget, potongan rambutnya aneh ato dia kampungan banget, ya biarin aja. Hanya karena lo gak setuju sama tato bukan berarti seluruh dunia setuju dengan lo kan?
Lo gak setuju ya.. gak usah bertato dan hargain mereka yang memilih buat natoin badannya.
Lo setuju sama tato, artinya lo gak usah nyerang mereka yang gak suka sama tato.
Itu hak masing-masing..

Saya sendiri gak bertato dan gak kepengen punya tato, tapi saya cukup ngehargai mereka yang punya tato sebagai pilihan yang unik dari masing-masing orang.


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca

Blog Archive

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}