Home » , » 13 Tips Gimana Berdamai dengan Kritik

13 Tips Gimana Berdamai dengan Kritik

Posted by Catatan Ngocol on Tuesday 15 September 2015

Lo udah baca kan artikel sebelumnya tentang gimana ngadepin si tukang kritik? Kalo sebelumnya kita bahas mengenai orangnya sekarang gimana caranya ngadepin kritikannya.
Tukang kritik pasti ada di mana-mana. Cara mereka ngritik sampe isi kritikannya makin lama makin canggih. Karena para pengkritik ini orang yang telaten. Sebelum ngelontarin kritik dia udah nyari data, bikin riset, ngumpulin analisis tentang orang yang bakal dikritiknya. Jadi kalo ada yang ngritik lo, bersyukurlah. Ada orang yang begitu berminat sama diri lo sampe ngelakuin riset segala yang mungkin untuk diri dan kepentingan lo gak mungkin lo lakuin.

kritik

Trus gimana lo bisa berdamai dengan kritik?


(1) Dengerin,

  • Ya, iyyalah.. langkah pertama buat berdamai dengan segala macam kritik adalah pasang kuping, dengerin kritik yang mereka lontarin, cerna dengan baik. Meski sakitnya tuh di sini, tapi lo kudu perhatiin apa pesan yang ingin disampein si pengkritik ke diri lo. Itu tujuan para pengkritik, nyampein pesan ke elo. Dan lo mesti mastiin kalo pesannya lo terima.
(2) Kenali poin positifnya
  • Lo mesti ngambil keuntungan dari kritikan yang dilontarin orang ke lo. Ambil sisi positifnya, buang sisi negatifnya, kalo perlu liat dari sudut pandang yang lain, yang lebih nyenengin tanpa kehilangan esensinya.
(3) Akui kalo lo salah
  • Mungkin saja lo ngelakuin kesalahan, akuilah dan belajarlah dari kesalahan itu. Lo mesti tau bahwa lo bisa bikin orang lain sakit hati, sedih, dan jadi gak suka sama lo, meski lo gak sadar dan berniat buat nyakitin mereka. faktanya mereka tersakiti dan ngelontarin kritik ke lo sebagai tanda ketidaksukaan mereka.
(4) Lo boleh gak setuju 
  • Lo boleh gak setuju dengan apa yang mereka lontarin buat nyerang lo, tapi tetaplah hormat dan menghargai kebebasan berbicara. Sampekan ketidaksetujuanmu dengan bahasa yang sederhana, mudah dimengerti dan tetap sopan.
(5) Jangan bawa-bawa orangnya
  • Lo hanya fokus pada kritik yang dilontarin buat lo dan gak ada hubungannya dengan si pengkritik. Lo sadar bahwa tindakan lo menuai kontroversi dari orang lain. Hargai pendapat mereka dan gak usah bawa-bawa nama mereka sebagai pribadi. Lo bisa menerima kritik tanpa harus membenci si pengkritik.
(6) Ingat, orang gak tau apa yang terbaik buat lo
  • Kalo si pengkritik mulai kritikannya dan menganggap kalo lo ngikutin apa yang dia bilang lo bakalan lebih baik, terima aja sebagai sebuah pendapat. Gak ada yang lebih tau apa yang terbaik buat lo kecuali diri lo sendiri.
(7) Hanya orang hebat yang dikritik
  • Gak perlu sedih dan galau hanya karena banyak yang ngritikin lo. Hanya orang hebat yang ngelakuin sesuatu yang besar pula yang menuai kritikan. Kalo lo tinggal tidur di rumah dan gak ngelakuin apa-apa, pasti gak ada yang bakalan ngritik lo kan?
(8) Kamu harus bisa bedain mana nilai-nilai yang lo anut ayo hanya sekedar paham keras kepala
  • Lo boleh mengkritisi isi kritikan mereka sesuai dengan nilai-nilai yang lo anut, bukan hanya karena lo orang keras kepala yang merasa tersinggung dengan kata-kata orang lain.
(9) Usahakan menghindari debat kusir
  • Beda pendapat itu wajar. Yang jadi bahaya kalo kamu udah mulai debat kusir dan terpancing untuk menghina si pengritik dan mulai melakukan serangan fisik atau melontarkan umpatan kasar. Hindari itu
(10) Lo boleh kok ngehargain orang yang gak sependapat sama lo
  • Lo bisa tetap menerima sudut pandang mereka tanpa perlu kehilangan rasa penghargaan padanya. Lo tau apa yang disampaikannya lewat kritik adalah semata- mata isi dari kepalanya yang dilontarkan dalma bentuk kata-kata.
(11) Katakan kalo lo butuh kritikan
  • Kritikan bikin lo bertumbuh jadi pribadi yang lebih baik, yang bisa ngeliat kekurangannya dan bisa menerima kritikan sebagai pemacu semangat untuk lebih baik lagi.
(12) Aktif mendorong orang buat ngasi kritik membangun
  • Kita gak terbiasa memberi kritik membangun pada orang lain. Lebih banyak kritik yang kita lontarin itu kritik buat ngejatuhin orang lain. Ajari orang lain buat ngelontarin kritik yang positif dan sifatnya membangun.
(13) Butuh latihan
  • Menerima kritikan sebagai penyemangat hidup itu butuh latihan yang tidak sebentar. Karena manusia itu adalah mahluk emosional yang mengedepankan perasaannya. Padahal kritik itu harus dinilai dengan pikiran yang logis bukan emosi sesaat saja.
Itulah 13 tips gimana berdamai dengan kritik. Mudah-mudahan bermanfaat.


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca

Blog Archive

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}