Home » » Orang Pinter Gak Ngelakuin 15 Hal Ini

Orang Pinter Gak Ngelakuin 15 Hal Ini

Posted by Catatan Ngocol on Monday 7 September 2015

Banyak hal-hal bodoh yang sering dilakuin orang bodoh. Kalo orang pinter pasti gak ngelakuin hal-hal bodoh. Kalo tetep ngelakuin pastinya kepinterannya diragukan alias pinter-pinter bodo.

orang pinter
Einstein gak ngelakuin 15 hal ini juga kali' ya?

Apa saja yang gak dilakuin orang pinter ?


# 1. BOROS
  • Orang pinter tau gimana sulitnya nyari duit. Jadi dia perlakuin duitnya dengan bener. Dia gak ngeluarin duit tanpa tujuan apalagi kalo lebih besar dari pendapatannya. Hanya orang bodo yang boros. Udah tau duitnya sedikit malah belanja banyak-banyak, kalo perlu ngutang. Orang pinter tau kalo ilmu tentang uang perlu, ngutang boleh tapi hanya buat nambah aset yang gak mungkin dia dapetin kalo gak ngutang. Baca deh lengkapnya di artikel ini kenapa harus belajar ilmu uang? Atau baca ini 8 kebiasaan yang bikin kamu tetep kere meski punya penghasilan lumayan.

# 2. MANJA
  • Orang pinter sangat indpenden alias mandiri. Dia tau apa yang dia pengen dan hidup sesuai dengan tujuan hidupnya. Dia gak bergantung pada orang lain. Secara keuangan dia mandiri, bisa nyari duit dan gak bergantung pada orang lain buat menuhin kebutuhannya. Manja hanya dilakuin bayi yang memang kemampuannya belum berkembang.

# 3. CEROBOH
  • Orang pinter pasti mikir sebelum ngelakuin sesuatu. Kalo pun kelakuannya ada konsekuensi ke orang lain dia gak bakal jadi ceroboh dan gak tanggung jawab. Dia berusaha ngelakuin apa aja sebaik mungkin tapi yang namanya manusia kan pasti pernah salah. Dia gak bakalan lari dari tanggung jawab.

# 4. TAKUT PERUBAHAN
  • Orang pinter tau banget kalo yang namanya perubahan itu mutlak dalam masyarakat. Kalo mau maju harus ikut berubah baik pola pikir apalgi pola perbuatan. Gak boleh jadi manusia kuno yang terjebak dalam pemikiran tempo dulu yang kampungan dan ketinggaln zaman.

# 5. DITENGGELAMIN RASA BERSALAH
  • Orang pinter tau banget kalo manusia itu gak ada yang sempurna. Jadi ngelakuin kesalahan itu wajar. Yang gak wajar itu kalo tenggelam dalam rasa bersalah sampe gak bisa bangkit lagi.

# 6. HIDUP DI MASA LALU
  • Masa lalu udah berlalu dan hanya bisa dikenang. Kita hidup di zaman sekarang, masa lalu hanya jadi pembelajaran dan masa depan masih misteri. Orang pinter ngebatasin hidupnya di masa sekarang. Gak perlu ngebangga-banggain masa lalunya, nenek moyangnya, sampe mbah kakungnya yang hebat. Dan gak perlu ngayal tentang masa depan yang belum tentu terjadi.

# 7. BERGANTUNG PADA HOKI
  • Orang pinter gak ngegantungin hoki tuk nyelesein masalahnya dan gak jadiin kesialan sebagai alesan kegagalannya. Hoki alias nasib baik terjadi kalo emang kita ngusahain sesuatu yang baik terjadi. Tapi kalo sesuatu itu gagal dan gak sesuai perkiraan, artinya ada yang "missing" dalam prosesnya. Kemudian nyari apa yang "missing" itu dan memperbaikinya.

# 8. GAK BELAJAR DARI KESALAHAN
  • Orang pinter gak bakalan jatuh ke lubang yang sama buat kedua kalinya. Karena dia udah belajar kalo jatuh di lubang itu gak enak dan gak pengen ngerasain pengalaman itu lagi. Kesalahan adalah guru baginya. Karenanya dai gak pernah takut buat mencoba, karena kalo salah dia belajar dari kesalahannya.

# 9. GAMPANG MENYERAH
  • Orang pinter kalo udah yakin dia bakalan tetap dengan keyakinannya dan gak bakalan menyerah meski orang lain ngeremehin atau ngebully dia. Keliatan banget kalo mereka keras kepala pada apa yang diyakini dan ngebuktiin ke orang di sekitarnya apa yang diyakininya itu.

# 10. LEWATIN KESEMPATAN EMAS
  • Orang pinter tau persis kalo yang namanya kesempatan gak selalu datang. Jadi begitu ada kesempatan lewat pasti diembat, terutama kesempatan buat ngembangin diri ya, bukan kesempatan dalam kesempitan. Kesempatan alias peluang buat ngembangin diri, buat belajar, buat ngeluasin wawasan adalah makanan hariannya. Gak menunda waktu buat dapetin kesempatan itu. Kalo perlu udah siapin diri sebelum kesempatan yang ditunggu datang. Misalnya kalo pengen beasiswa ke luar negeri, bukan hanya nyiapin ilmunya tapi udah nyiapin kemampuan bahasa

# 11. MUNDUR
  • Gak ada kata mundur buat mereka yang udah maju. Kalo udah mutusin buat maju, alesan apapun gak bakalan nyurutin langkahnya. Meski itu orangtua, orang terkasih, pasti dikasi pengertian agar paham apa yang dilakukannya. Makin banyak yang ngeraguin dia, makin berani dia melangkah.

# 12. GAPTEK
  • Orang pinter memaksimalkan potensi gadget mereka. Mereka bukan manusia gaptek, yang buta teknologi. Kalo punya smartphone atau tablet yang punya fitur macem-macem, mereka pake sesuai kebutuhan. Apa apa fitur dan aplikasi buat ngemudahin urusannya pasti dibabat abis. Mereka gak perlu selalu punya gadget terbaru tapi selalu punya fitur ternaru buat ngemudahin urusannya. Mereka gak ngabisin waktu buat main game dan ngecek sosial media. 

# 13. MINDER
  • Orang pinter adalah orang yang PD abis. Karena mereka tau kemampuan mereka sampe di mana. Mereka juga tau banget batasan dirinya. Gak maksain sesuatu di luar kemampuannya. Tapi kalo itu masih dalam batas kemampuannya pasti bakalan dikejar, kalo perlu usahanya digeber dua kali lipat. Gak ada kata minder dalam kamusnya.

# 14. NYARI MUSUH
  • Orang pinter cinta damai. Punya banyak temen itu asik. Dia bisa masuk dalam lingkungan apa aja. Dia gak perlu jadi preman hanya biar dihormatin orang-orang. Buat apa nyari musuh dan musuhin orang? 

# 15. BOHONG
  • Orang pinter itu apa adanya. Gak perlu bohong dan menjadi orang lain hanya buat nyenengin lingkungannya. Mereka jadi diri sendiri dan bagi siapa yang gak suka itu hak mereka. Dia hanya pengen orisinil, karena yang orisinil itu biar sederhana masih lebiha berharga dari yang KW meski cantik dan menawan. Yang palsu tetep aja palsu meski dipoles sekalipun.

Itulah 15 hal yang dilakuin oleh orang pinter. Yang jelas orang pinter gak ada hubungannya dnegan minum jamu tolak angin kayak yang diiklan itu... Mau tau apa aja hal-hal yang bikin pinter? Baca ini 22 kebiasaan harian yang bikin pinter.


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca

Blog Archive

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}