Home » » 20 Kesalahan Besar Yang diLakukan oleh Anak Muda Sekarang.

20 Kesalahan Besar Yang diLakukan oleh Anak Muda Sekarang.

Posted by Catatan Ngocol on Monday 29 June 2015

Menjadi anak muda yang sukses dan bermanfaat adalah cita-cita yang mulia. Tapi buat sampe ke sana butuh usaha, trial and error, belajar dari kesalahan dan menjadi dewasa oleh pengalaman. Kesalahan apa saja yang banyak dilakukan anak muda sekarang ini yang bakalan mempengaruhi hidupnya di masa depan? Ini dia ulasannya.


1. Kebanyakan makan Junk Food.
Restoran fast food dan franchise yang menyajikan makanan instant dan serba cepat, mulai dari ayam goreng, burger, kentang goreng, nugget, pizza sampe donat pun menjamur bak cendawan di musim hujan. Belum lagi minumnya bukan air putih atau teh hijo yang lebih sehat tapi soda atau minuman manis lainnya. Anak muda sekarang udah jarang makan di rumah. Senangnya kumpul dan ketemuan bareng temen-temennya di mall atau restoran fast food. Alasannya macem-macem, enak, harga terjangkau dan praktis.
Apa yang salah dengan makan junk food? Arti harfiah junk food adalah makanan sampah. Makanan yang tinggi lemak jenuh, tinggi garam, penyajiannya dengan di goreng dalam minyak yang banyak tapi miskin gizi, kalo dikonsumsi terus menerus bisa bahaya buat kesehatan. Resiko terkenan serangan penyakit berbahaya kayak hipertensi, jantung, kolesterol tinggi, bahkan kanker jadi besar dengan pola makan yang gak sehat ini. Belum lagi obesitas atau kegemukan pun bisa jadi ancaman. Kasian banget kalo muda udah sakit-sakitan atau setelah dewasa nanti gak bisa produktif karena tubuh udah terlanjur termakan penyakit berbahaya.

2. Malas Olahraga
Anak muda sekarang senengnya duduk depan TV, nonton bioskop rame-rame, sibuk dengan gadget berjam-jam, entah browsing, medsos,chatting, main game, kemana-mana naik mobil / motor, bangunnya suka siang. Jarang banget yang nyempatin waktu buat olahraga. Badan yang muda dan sehat itu gak akn bertahan lama. Harus investasi kesehatan sejak muda. Selain pola makan sehat juga olahraga yang teratur. Ikut gabung dengan klub futsal, basket atau klub olahraga lainnya bisa jadi salah satu solusi.

3.Ngebandingin diri dengan teman-temannya.
Adalah wajar jika kamu pengen lebih baik dari orang lain. Membandingkan untuk memacu diri lebih baik, atau agar sebaik mereka itu sesuatu yang positif. Tapi membandingkan diri kemudian merasa rendah diri, gak pede, gak pantas bergaul dengan orang lain itu yang perlu diperbaiki. Semua orang punya kelebihan dan kekurangan. Gak ada orang yang sempurna karena kesempurnaan hanya milik Tuhan. Jadi please, gak usah sibuk ngebandingin diri kamu dengan orang lain. Berbuat aja yang terbaik, isi masa muda dengan hal positif dan yakin kamu bisa jadi apa saja yang kamu mau sepanjang kamu mengusahakannya.

4. Percaya pada apa yang dilihatnya di TV.
Anak muda sekarang ngabisin banyak waktu depan TV. Nonton dari satu program ke program lainnya. Acara TV dibuat menarik agar bisa jadi hiburan buat pemirsa. Apa yang ditampilin di TV gak semuanya bener. Gak ada sukses yang instan seperti kisah sinetron, butuh usaha dan kerja keras. Mereka jadi mudah terbuai dengan kisah-kisah yang gak masuk akal, sinetron-sinetron yang banyak mengangkat hal-hal berbau mistis yang syutingnya dibantu spesial efek. Mereka menganggap apa yang ditampilkan TV itulah yang nyata. Padahal kenyataannya tak seindah tayangan TV. Akhirnya kebanyakan ngayal dan lupa usaha.

5. Hidup sesuai dengan apa yang dikatakan teman-temannya.
Anak muda biasanya karena kurang pengalaman suka bingung mau melangkah. Mau nanya ke ortu pasti ribet. Jadi biasanya dia suka nanya ama temen-temen sebayanya yang sama gak berpengalamannya dengannya. Jadilah dia hidup berdasarkan apa kata temen-temennya saja. Tujuannya biar bisa tetep berada dalam kelompok. Hidup itu kompleks, tanyalah pada ahlinya atau orang yang lebih berpengalaman ketimbang mempercayai apa yang ditunjukkan oleh teman sebaya yang belum tentu benar.

6. Besar pasak dari tiang
Begitu punya duit entah karena masih dapat jatah dari ortu atau punya duit dari kerja suka gak mikir gimana ngatur keuangan agar cukup. Masih doyan belanja hal-hal yang gak penting akhirnya belom habis bulan duit udah abis. Mau minta ortu lagi tengsin ato malu. Harusnya dari muda tuh belajar lah ngatur keuangan agar cukup. Belanjalah sesuai kebutuhan bukan keinginan.

7. Hidup di luar kemampuannya.
Karena kebiasaan hidup senang, belanja sesuka hati, gesek kartu kredit sana sini, sampe akhirnya tagihannya membengkak dan gak bisa bayar, akhirnya pusing sendiri. Kalo mampunya cuma beli tempe jangan belanja daging. Kurangi pos pengeluaran yang gak penting. Lebih baik masak sendiri ketimbang makan di luar, selain lebih sehat uang di kantong bisa disimpan untuk keadaan darurat

8. Merusak hubungan baik / mencari pasangan yang salah
Anak muda suka gonta-ganti pasangan, alasannya buat nyari yang cocok. Padahal kecocokan itu harus diusahakan bukannya gonta ganti melulu. Begitu terus sampe akhirnya umur mencapai usia matang dan ngejar target buat nikah akhirnya milih pasangan yang salah. Banyak orang yang cerai di usia muda karena gak punya pertimbangan yang baik sebelum menikah atau belum cukup dewasa untuk membina rumah tangga. Kedewasaan bukan ditentuin oleh umur lho, tapi oleh kematangan sikap menghadapi masalah. Orang yang dewasa nemu masalah diselesein, kalo orang yang gak dewasa, nemu masalah malah lari...

9. Gagal mengembangkan keterampilan tertentu. 
Anak muda harusnya lebih menghabiskan waktu untuk mengembangkan keterampilan yang baru. Selalu belajar hal-hal baru dan bermafaat akan membantu dia di karirnya nantinya, menjadi profesional atau tidak. Jangan kebanyakan luntang lantung gak keruan.

10. Narkoba dan minum alkohol
Narkoba dan minuman keras sudah menjadi momok yang meracuni kehidupan anak muda di negara ini. Banyak yang awalnya coba-coba karena ditawarin temen, biar keliatan keren dan gaul akhirnya jadi ketagihan. Kalo hidupnya udah di bawah pengaruh narkoba dan minuman keras yakin saja bahwa hidupnya gak bakalan sukses.

11. Berbohong.
Anak muda zaman sekarang kadang sudah gak masalah kalo bohong. Bohongi orang tua, guru, temen demi mencapai tujuannya atau agar kesan orang kepadanya tetep baik. Memang sih gak semua anak muda yang gitu, tapi sepertinya degradasi moral udah mulai terjadi di negara ini. Banyak yang merasa kejujuran itu gak penting, toh para pejabat, wakil rakyat, aparat pemerintah sampe penegak hukum juga pada gak jujur, korupsi, nilep uang rakyat? Padahal punya integritas dan kejujuran itu penting. Bagemana orang mau percaya kalo dalam track record kamu lebih banyak boongnya ketimbang jujurnya. Ini bisa jadi penghambat karier dan rumah tangganya kelak.

12. Melakukan hal yang tidak disukainya
Anak muda sekarang ini banyak yang ngelakuin sesuatu hanya sekedar ikut-ikutan. Karena semua orang ngelakuin gak mesti kamu harus ikut-ikutan. Kalo kegiatan itu gak kamu sukai, gak bikin nyaman, gak kerasa ada manfaatnya, ya stop! Lebih baik kamu ngerjain hal yang kamu suka, yang bikin kamu seneng dan bermanfaat buat hidup kamu. Setelah dewasa kamu harus mutusin mana yang terbaik buat diri kamu. Kalo kamu mutusin bekerja di tempat yang kamu gak suka misalnya, dijamin seumur hidup kamu bakalan menderita meski gajinya tinggi.

13. Berkumpul dengan orang yang salah.
Kumpul-kumpul dan punya banyak teman adalah hidup anak muda. Tapi temen itu juga macem-macem. Pengaruh mereka ini sangat besar terhadap jiwa kamu. Kalo kamu ngumpulnya sama begal motor dijamin kamu bakalan jadi begal motor. Kalo kamu ngumpulnya ama pecandu narkoba dijamin kamu juga bakalan jadi pecandu bahkan bisa jadi pengedar. Kalo kamu udah terlanjur bergaul dengan orang yang salah bakalan susah untuk keluar dan jadi orang baek-baek. Sia-sia masa muda jika dihabiskan dengan orang yang salah, jaminannya bisa masuk bui, ato nyawa melayang.

14. Kebanyakan menghabiskan waktu dengan gadget.
Anak muda sekarang ini adalah maniak gadget. Hampir pasti konsumen terbesar gadget adalah anak muda. Gadget sudah menjadi bagian dari gaya hidup mereka. Kebanyakan gadget membuat para anak muda ini gak tertarik lagi buat bersosialisasi, bergaul karena hampir sebagian besar kebutuhannya dipenuhi oleh gadget yang tak pernah lepas dari genggaman.

15. Mempertanyakan segala sesuatu.
Anak muda sekarang juga sering mempertanyakan segala sesuatu yang terjadi di sekitarnya. Mencoba untuk meluruskan apa yang dianggapnya salah tapi anehnya dengan cara yang jauh lebih salah. Demonstrasi memprotes kenaikan BBM, katanya untuk memperjuangkan kepentingan rakyat tapi malah menutup jalan dan bertindak anarkis.

16. Kurang bersyukur
Banyak anak muda yang suka galau karena merasa dirinya paling kurang, puany banyak kekurangan dibandingkan temen-temennya yang lain, Rasa percaya dirinya sangat kurang sampe merasa gak pantas hidup. Kasus bunuh diri di kalangan anak muda juga menunjukkan angka yang meningkat. Gampang frustrasi, stres serta hidup penuh tekanan yang menjadi slah satu penyebabnya. Semua ini di awali karena mereka kurang bersyukur dengan apa yang dimilikinya.

17. Terlalu obsesi dengan sukses. mau instan
Banyak yang terlalu obsesi untuk sukses dan maunya cepat, kalo perlu instan. Segala macam cara dipake untuk mencapai tujuannya kalo perlu nyogok, kolusi dan pake jalan pintas. Padahal sukses itu harus ditempuh melalui usaha dan kerja keras.

18. Overconfidence alias kelebihan pede.
Pede boleh, tapi kalo over akhirnya tidak memperhitungkan resiko yang bakalan di hadapi. Mungkin karena dipengaruhi oleh usia muda yang amsih penuh semangat akhirnya grasa grusu gak karuan. Memutuskan untuk melangkah maju ke depan artinya siap memperhitungkan peluang maupun resiko yang bakalan di hadapi.

19. Suka membuang-buang waktu.
Ank muda zaman sekarang lebih banyak ngabisin waktunya untuk hal-hal yang gak bermanfaat. Kalo anak muda Jepang sambil menunggu kereta, bis, ataupun saat berada dalam kereta/bis yang ditumpanginya menuju tempat tujuan yang mereka lakuin membaca. Kalo anak muda di negara kita dimana ada yang menunggu pasti sibuk dengan gadgetnya : main game. Gak salah sebenarnya main game untuk mengisi waktu, tapi kalo waktu dihabisin buat main game seharian demi mengejar skor tertinggi mungkin gak bijaksana. Lebih baik waktu diisi dengan kegiatan yang lebih manfaat buat menambah ilmu dan keterampilannya.

20. Tidak nyadar bahwa apapun yang dilakukan sekarang baklan nentuin masa depannya.
Masa muda adalah masa investasi, masa menanam untuk memetik hasilnya kelak di kemudian hari. Kalo masa muda dihabisin untuk ngelakuin hal yang salah, bergaul dengan orang yang salah, menenggelamkan diri dalam frustrasi alias galau berkepanjangan di jamin masa depannya bakalan burem. Gagal di masa muda itu pembelajaran. Gagal melulu di masa tua itu bencana, seolah gak pernah belajar dari kesalahan dan hanya menyesali apa yang gak dilakukannya di masa mudanya.

Itulah 20 kesalahan yang banyak dilakukan anak muda sekarang ini yang tanpa disadari bisa membahayakan masa depannya. Persiapkan masa depan dengan investasi yang baik sejak dini. Investasi ilmu, investasi waktu dan investasi kesehatan. Karena menyesal di belakang hari gak bakal ada gunanya.


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca

Blog Archive

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}