Home » » Alasan Utama Mengapa Orang Takut Mati

Alasan Utama Mengapa Orang Takut Mati

Posted by Catatan Ngocol on Monday 8 June 2015

Mari kita jujur pada diri sendiri, kita semua pada takut mati kan? Buktinya kita berusaha jaga diri dari faktor-faktor yang bisa mempercepat kematian kita. Diantaranya kita jaga kesehatan biat gak kena penyakit apalagi yang berbahaya dan obantnya masih langka bahkan belom ada seperti AIDS atau kanker. Kita jaga diri supaya gak celaka, naik motor atau bawa mobil hati-hati, naik pesawat was-was jangan sampe pesawatnya jatuh. Kenapa? Kita belom pengen mati meski kita tau kematian pasti akan datang.

kematian itu misteri

Alasan mengapa kita semua pada takut mati


ALASAN #1. MERASA BELUM SIAP

Bagi yang beragama dan menyadari ada kehidupan setelah mati pasti tau, setelah mati kita harus mempertanggungjawabkan apa yang kita buat di dunia. Karena merasa belum merasa siap, belum melakukan banyak kebajikan, ibadah masih setengah-setengah, kita jadi takut mati. Kita pengen menambah amal dan mengurangi dosa, meski kadang sulit karena begitu besarnya godaan dunia.


ALASAN # 2. KARENA MATI ITU MISTERI

Kita yang hidup belum pernah ada yang merasakan mati. Sebagai manusia kita takut sama sesuatu yang gak kita tahu. Seperti halnya kita takut pada setan, jin dan mahluk sebangsanya. Seperti halnya kta takut gelap, takut dimakan bianatang buas, karena pemahaman kita yang sedikit tentang hal-hal itu. Kita gak tau kayak gimana sih rasanya mati itu? KIta hanya tau gimana rasanya hidup. Karena itu yang sudah kita alami selama bertahun tahun.


ALASAN # 3. KARENA TAKUT NINGGALIN ORANG YANG DICINTAI DAN MENCINTAI

Mati artinya say good bye sama dunia untuk selamanya. Di dunia kita merasa senang karena dikelilingi oleh orang-orang yang kita cintai dan mencintai kita. Mati berarti harus berpisah dengan mereka dan membayangkan sendirian dalam kubur yang sunyi dan sepi.


 ALASAN # 4. KARENA MATI ITU TAK ADA JALAN KEMBALI

Kalo kita mati artinya kontrak kita di dunia sudah habis, kita menuju alam yang baru dan sama sekali beda dengan alam yang kita tinggali saat ini. Saat menuju ke sana tak ada jalan kembali lagi ke dunia. Meski kita pengen kembali, itu tidak mungkin.


ALASAN # 5. KARENA MATI ITU SEPERTINYA SAKIT

Bagi orang yang pernah melihat orang menjelang ajalnya sepertinya mereka itu kesakitan, organ tubuh tiba-tiba berhenti, nafas tersengal-sengal bahkan ada yang dalam kondisi sakit parah, harus mengeluarkan darah dan urusan yang tidak menyenangkan lainnya.


ALASAN # 6. MATI ITU KEHILANGAN SEGALANYA

Saat kita mati maka kita harus kehilangan segalanya. Kehilangan nyawa, kehilangan keluarga, kehilangan kesenangan, kehilangan kesempatan menikmati indahnya dunia menuju kepada alam yang kita gak tau kondisi persisnya gimana. Belum pernah ada orang mati yang kembali hidup ke dunia dan menceritakan bagaimana rasanya mati itu dan seperti apa suasana di kuburan.


ALASAN # 7. KITA TAKUT DILUPAKAN

Kalau kita mati hanya sebentar saja keluarga berduka, selanjutnya mereka harus terus menjalani hidup dan pelan-pelan kita hanya tinggal kenangan, dilupakan dan hanya bisa jadi memori. Kita gak mungkin bisa berhubungan dengan mereka lagi. Sesekali mereka mungkin akan mengunjungi kuburan kita, itupun kalo mereka gak sibuk.

Itulah 7 alasan utama mengapa orang takut mati. Tidak ada manusia yang bisa hidup selamanya. Sekuat apapun ia berusaha menghindarinya kematian tetap akan datang. Jadi sebenarnya gak perlu takut. Siapkan diri dengan beribadah dan melakukan kebaikan yang banyak selama di dunia. Jika waktunya tiba terimalah sebagai satu ketentuan dari Yang Di Atas dan terimalah dengan lapang dada. Hiduplah dengan bergelimang kebaikan dan memberi manfaat yang banyak dalam hidup.


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca

Blog Archive

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}