Home » , » Ciri-Ciri Cewek yang Kuat itu yang Gimana Sih?

Ciri-Ciri Cewek yang Kuat itu yang Gimana Sih?

Posted by Catatan Ngocol on Thursday 25 June 2015

Mengapa harus jadi cewek yang kuat?

Mengapa harus jadi cewek yang kuat ladies? Pertanyaan ini mungkin kedengarannya aneh, tapi penyataan di bawah ini mungkin bisa jadi jawabannya.



  • # 1. Karena cewek selalu identik dengan cengeng. Apa itu cengeng? Kalo menurut kamus sih cengeng itu :
  • mudah menangis, liat sinetron ato film yang ceritanya sedih ikutan nangis, liat anak-anak yang kelaparan jadi ikut netesin air mata. Segala sesuatu yang menyentuh hatinya bisa bikin dia mewek, nangis sesenggukan.
  • suka menangis, kalo digangguin dikit bawaannya pasti nangis, ada yang gak berkenan di hatinya pasti nangis kalo perlu jerit-jerit. Nangis udah jadi bagian dari karakternya.
  • mudah tersinggung, persoalan remeh temeh aja bisa bikin dia murka berkepanjangan, udah gitu nangis-nangis bombay karena merasa tersinggung.
  • lemah semangat tidak dapat mandiri. Gampang banget menyerah kalo dihadang masalah, gak PD dan bawaannya suka nyari alasan buat membenarkan kegagalannya.
  • # 2.  Karena cewek selalu indentik dengan kelemah lembutan. Bedakan lemah lembut dan lemah semangat di atas ya? Stereotipe cewek yang lemah lembut itu gak jauh-jauh dari sikap manis, anak baik-baik, gak suka protes (nrimo), tingkah lakunya teratur. Jadi kadang cowok menyalah artikan kelembutan ini sebagai kelemahan, sehingga mereka dengan senang hati "menjajah" dan memperlakukan cewek seenaknya (dibully, mengalami kekerasan fisik, kekerasan emosional dan kekerasan seksual). Ada juga cowok yang memanfaatkan sisi lembut cewek ini untuk memperdaya dan memperalatnya untuk melakukan tindakan yang tak pantas (dijadiin PSK, dijual ke cukong, dibius kemudian diperkosa baik sendiri maupun rame-rame, ditinggalkan setelah dihamili, dsb).
  • # 3. Karena dianggap lebih rendah derajatnya dibanding cowok. Anggapan seperti ini masih berlaku di masyarakat kita yang nempatin cowok atau kaum laki-laki lebih tinggi dari cewek. Karena dianggap gak sama derajatnya maka diskriminasi buat cewek dimana-mana masih terjadi. Posisi pimpinan kadang tidak diberi pada cewek bukan karena dia tidak mampu tapi hanya karena dia cewek.

Kalau disimpulkan 3 alasan yang mendasari mengapa cewek itu harus kuat adalah :
  1. Harus bisa hilangkan kesan cengeng dari diri cewek.
  2. Harus bisa nunjukin bahwa dibalik kelemahlembutannya cewek bisa tegas dan melakukan perlawanan kalo ada yang berbuat seenaknya dan pengen memperdayanya.
  3. Harus bisa buktiin kalo cewek dan cowok itu derajatnya sama dan mampu bersaing sepereti halnya kaum laki-laki.

Gimana caranya jadi cewek yang kuat?

#1. Jangan mau jadikan diri sebagai korban
  • Kata siapa kalo cewek itu lemah, cengeng, tukang nangis. Kalau gak mau dikatain cengeng tunjukin kalo dibalik kelembutan hatimu kamu adalah orang yang kuat. Kalo cowok memperlakukan kamu gak pantas, jangan diam aja, lawan. Jangan beri dia kesempatan memperlakukan kamu seenaknya, tuntut pertanggungjawaban atau minimal permintaan maaf darinya. Kalo kamu memposisikan diri sebagai korban cowok maka demikianlah adanya kamu. Kamu bakalan nelangsa, sedih, nangis berkepanjangan. Tapi cewek yang kuat gak membiarkan dirinya jadi korban perlakuan cowok. Dia bakalan bangkit, melawan bahkan membuat takut orang yang coba macam-macam padanya. 
  • Kalo perlu belajar bela diri ringan, bawa "senjata" yang gak bakalan dirazia polisi seperti semprotan merica, atau gunakan sepatu tumit tinggi untuk membela diri dari serangan. Jangan jalan sendirian, bawa keluarga, teman atau pasangan.
  • Sikap percaya diri dan pintar itu perlu. Sikap orang lain tergantung sikapmu. Para penjahat pun mereka memilih-milih korban yang gampang dilumpuhkan.

#2. Gak buat dirinya jadi menyedihkan
  • Kata siapa kalo seseorang nyakitin kamu gak boleh nangis? Boleh.. silakan. Yang namaya perasaan itu memang harus ditumpahkan gak boleh disimpan, ntar jadi jerawat atau bisulan. Yang gak boleh itu terus-terusan nangis meratapi nasib. Emang kalo kita nangis melulu apa masalah kita selesai? Apa orang brenti nyakitin kita? Enggak kan? Mending bangkit. Tata kehidupan kembali dan berjanji untuk gak biarkan siapapun menyakiti kamu lagi. Sebenarnya yang membuat kita merana itu cuma pikiran. Kalo kamu pikir dirimu menyedihkan maka itulah yang tergambar. Orang yang menyedihkan itu gak menarik!
  • Kamu bisa hidup sampe sekarang karena kamu bisa ngatasin masalah-masalah kamu sebelumnya kan? Ya.. masalah akan berlalu seiiring berjalannya waktu. Orang hidup memang harus punya masalah. Mau tau tempat yang gak ada masalah sama sekali? Namanya pekuburan.. Semua penghuninya sudah terbebas dari masalah dunia tapi mereka semua mati.

#3. Gak nyari kambing hitam
  • Kalo sesuatu terjadi sama kamu itu tandanya ada yang salah sama kamu atau reaksi kamu yang salah terhadap masalah. Jangan sekali-kali nyalahin orang lain atas kemalanganmu. Emang kalo kamu nyumpah-nyumpahin orang lain atau maki-maki keadaan, semuanya bakalan membaik, enggak kan?Yang ada malah kamu yang stres, bisa kena serangan jantung atau hipertensi dan yang paling sial ya... jadi gila!
  • Cewek yang kuat gak nyari kambing hitam tapi nyari kambing kurban buat nambah pahala hehe... 

#4. Berdiri dan ngadepin masalah.
  • Jadilah cewek yang gak cengeng dan bisa menjalani hidup dengan baik, menantang masalah bukannya diseret masalah sampai akhirnya takluk dan menyerah. 
  • Cewek yang kuat pasti bisa bertahan dari segala macam goncangan karena cewek yang kuat yakin kalo dia mampu menghadapi semua masalah dan tersenyum bahkan melibasnya.
Well, ladies.. itulah ciri-ciri cewek yang kuat. Gak perlu takut jadi macho atau keliatan tidak menarik di mata cowok hanya gara-gara kamu punya sikap. Cowok yang gak bener akan menjauh dari cewek yang kuat karena mereka tau kamu punya sikap. Hanya cowok yang baik dan pantas yang bakalan deketin kamu karena mereka tau bahwa kamu bukan cewek biasa, yang rela diperlakukan apa aja. Tpi cewek yang punya harga diri, punya kepercayaan diri, bisa jaga diri tanpa harus jadi arogan...


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca

Blog Archive

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}