Home » , , » 10 Tips Gimana Buat Obrolan Menarik dan Selalu Nyambung

10 Tips Gimana Buat Obrolan Menarik dan Selalu Nyambung

Posted by Catatan Ngocol on Saturday 20 June 2015

Ada orang yang sepertinya memiliki kemampuan yang hebat dalam berkomunikasi dengan orang lain. Istilahnya mereka ini dimanapun berada pasti bisa nyambung apa siapa aja dan dalam topik apa aja, tanpa terkesan kepo alias sok tau.

ngobrol nyambung

Gimana kiatnya supya obrolan kita selalu nyambung sama orang ?

# 1. Bicara normal dan santai. Jadilah diri sendiri dalam obrolan. Santai aja, biarkan obrolan mengalir, gak perlu mencoba terlalu keras untuk menjadi menarik, karena itu bakalan keliatan dalam percakapan. Dan sayangnya kebanyakan orang gak nyadar kalo mencoba terlalu keras agar keliatan menarik itu sebagai penipuan atau manipulasi. Orang gak suka sama mereka yang manipulatif atau keliatan palsu.

#2. Mau mendengarkan orang lain. Orang-orang biasanya sibuk menyiapkan mental dan berlatih "ngomong apa nih selanjutnya?". Jadi mereka tidak pernah benar-benar punya waktu tuk benar-benar dengerin sudut pandang orang lain. Dengerin dengan perhatian dan fokus, tanggapi sesekali dengan singkat. Biarkan orang lain selesai berbicara. Jangan suka motong seenaknya. Gak enak kan kalo ngomong dikit-dikit diinterupsi orang lain, bikin ngilang mood aja.

# 3. Mulai menikmati percakapan. Saat obrolan udah mulai berjalan, nikmati aja. Perhatikan bukan hanya  apa yang mereka katakan tetapi juga bagaimana mereka mengatakan itu. Perhatikan bahasa tubuh mereka.Cermati apa yang membuat lawan bicara gak nyaman.. segera ganti topik!

# 4. Membuat kontak mata yang tepat. Tatap mereka langsung di mata sebagai tanda bahwa kamu merhatiin kata-katanya dia. Jangan sambil ngobrol mata kamu plarak plirik gak karuan ke tempat lain.

# 5. Jika pengen obrolan yang menarik, kamu harus benar-benar tertarik juga tentang topik yang dibicarakan. Jadi berbicara tentang diri kamu atau apa pun yang benar-benar mempesona kamu. Dan pada saat yang sama nanya-nanya kebiasaan dan diri lawan bicara dengan mengajukan pertanyaan menarik. Tunjukkan kalo kamu bener-bener tertarik sama apa yang mereka omongin.

# 6. Ingat ini selalu. Jangan bicara hanya dengan mulut kamu (lho, harus bicara pake apa dong, masa' pake bahasa perut ato bahasa kalbu alias telepati gitu). Gunakan seluruh tubuh kamu untuk berkomunikasi. Bahasa tubuh merupakan 90% dari total komunikasi yang dilakukan.

# 7. Jadilah cerdas dan memasukkan humor dalam omongan kamu. Gak perlu jadi pelawak atau komedian cukup lemparkan guyonan ringan yang bisa bikin orang tersenyum. Orang-orang bakalan tertarik pada sekumpulan orang yang saling tertawa dan melempar joke atau candaan.

# 8. Hindari debat kusir. Sepandai apapun kamu dalam satu topik gak perlu nonjolin diri seolah paling jago dan paling tau apalagi sampe ngajakin orang berdebat. Ngobrol yang enak itu yang bikin kedua belah pihak nyaman. Bukannya yang satu dominan ngomong terus kayak orator yang lagi kampanye sementara yang lain jadi kambing congek.

# 9. Apresiasi guyonan orang lain. Kalo ada yang guyon dan menurut kamu lucu gak ada salahnya ikut tertawa. Meski kamu merasa mampu melucu yang lebih hebat dari dia tapi penghargaan atas usaha orang lain buat menghidupkan suasana itu yang lebih penting. Betapa canggungnya kalo ada yang melempar guyonan tapi gak ada yang tertawa atau nanggepin.

# 10. Updet diri kamu. Baca berita terkini, apa yang populer, yang lagi trend dan jadi bahan pembicaraan supaya kamu bisa masuk di topik manapun tanpa kelihatan bodoh karena dibilangin "Udah basi tau!! atau hey kemane aje lo..!!"

Itulah 10 tips gimana buat obrolan kita menarik dan selalu nyambung sama lawan bicara. Buat cowok yang lagi pedekate ama cewek, tips ini bisa dipake. Cewek seneng kok ama cowok yang bisa diajak diskusi dan temen ngobrol yang baik. Selamat ngobrol ya..!!


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca

Blog Archive

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}