Home » » 10 Tips Buat Dapetin Tidur yang Berkualitas

10 Tips Buat Dapetin Tidur yang Berkualitas

Posted by Catatan Ngocol on Tuesday 23 June 2015

Tidur adalah mekanisme tubuh untuk mengembalikan kesegarannya kembali setelah seharian beraktivitas. Tapi ada juga orang yang gak bisa tidur dengan baik kalo malam. Entah itu gak bisa tidur cepat, bawaannya melek melulu atau tidurnya gak nyenyak.

tidur

Karena tidur itu penting bagi tubuh maka harus diupayakan cara tidur yang nyaman, nyenyak dan enak. Gimana sih tipsnya biar tidur jadi enak? Ini dia beberapa diantaranya.

# 1. Buat jadwal dan konsisten. 
Buat kamu yang suka kena imsomnia, buat jadwal tidur yang tetap setiap malam. Kalo biasanya kamu baru siap tidur jam 2 subuh, coba deh majuin jadi jam 10 malam, supaya tidurmu cukup dan bangun paginya bisa segar kembali.

# 2. Kurangi kopi. 
Agar kualitas tidurmu jadi baik, bagi kamu yang maniak kopi untuk sementara kurangi dulu kebiasaan itu. Minimal sebelum tidur gak usah minum kopi apalagi sampe bergelas-gelas, udah gitu gelasnya ikutan diembat lagi ( emang kuda lumping makan beling?)  Kopi bisa merangsang saraf yang bikin kamu tetap melek sepanjang malam.

# 3. Matiin komputer sama TV. 
Buat kamu yang sudah lama jadi maniak layar, entah itu komputer, TV bahkan ponsel, cobalah barang2 itu kamu PHK dulu untuk sementara. Gimana mau tidur nyaman kalo mata kamu lebih banyak ke layar ketimbang sama niat kamu buat tidur?

# 4. Jangan pergi tidur saat perut kenyang. 
Buat kamu yang tukang makan, kira-kira dong porsi makanmu sebelum tidur. Jangan jadi kalap kayak gak bakalan ketemu makanan lagi esok hari. Perut yang terlalu kenyang bisa bikin perut sakit yang menganggu tidur enak kamu.

# 5. Jangan pergi tidur saat lapar. 
Kalo gak boleh kekenyangan sebelum tidur juga gak boleh nahan laper sampe cacing-cacing perutmu mulai paduan suara nyanyiin lagu seriosa. Isi perut secukupnya.

# 6. Olahraga ringan. 
Sekedar stretching ato lakuin peregangan ringan sebelum tidur juga bisa jadi pilihan memulai tidur yang berkualitas. Otot-otot kamu yang meregang dan butuh dilemesin bakal terbantu dengan tidur yang enak.

# 7. Kurangi konsumsi alkohol. 
Buat kamu yang doyan minum alkohol agar kamu bisa tidur enak kurangi konsumsi minuman kegemaranmu itu, minimal beberapa jam sebelum tidur.

# 8. Buat suasana kamar tidur kamu tenang dan gelap.
Agar bisa tidur dengan tenang, minimalkan suara-suara yang bisa mengganggu ketenangan tidur baik itu suara deringan telepon, alarm, musik yang keras. Jika penerangan dalam kamar terlalu terang, bisa diredupkan atau dimatikan sekalian biar suasananya mendukung buat mata kamu mengantuk.

# 9. Beli kasur dan bantal yang nyaman.
Kalo punya duit jangan investasi di gadget melulu, tapi beli juga kasur empuk, bantal kepala plus guling yang nyaman dipeluk-peluk. Bayangkan kalo badan kamu udah capek dan siap-siap buat mimpi eh malah gak bisa tidur karena sakit punggung akibat kasur yang terlalu keras atau sakit leher karena bantal kepala yang terlalu tebal.

# 10. Bangun dan pergi tidur sesuai jam alami tubuh.
Maksudnya tidurlah saat kamu bener-bener udah ngantuk, jangan sengaja minum pil tidur atau obat-obatan kayak antimo biar bisa segera ngorok. Begitu juga bangun, usahakan bangun pagi biar badan seger dan gak keburu-buru. Bangun dan tidur secara alami jauh lebih baik buat tubuh ketimbang dibntu dengan obat-obatan atau perangsang tidur lainnya.

Itulah 10 tips biar tidur kamu lebih berkualitas dan bangun bisa lebih segar. Selamat bermimpi!! (baca juga : fakta mengejutkan tentang tidur atau fakta mengejutkan tentang ngorok.)


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca

Blog Archive

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}