Home » , » 28 Tips Biar Bisa Tetep Kreatif

28 Tips Biar Bisa Tetep Kreatif

Posted by Catatan Ngocol on Friday 31 July 2015

Hanya orang-orang kreatif yang bisa menguasai dunia. Mereka gak pernah kehabisan ide, informasi dan apa aja yang menarik buat dijadikan sesuatu yang bermanfaat buat orang lain. Apakah kamu orang kreatif, kamu bisa baca di sini.

kreatif

Trus gimana caranya biar bisa tetep kreatif?

Ini dia 28 tipsnya :
  1. Buat daftar. Kalo ada yang pengen kamu kerjain, kamu bikin, apalagi kalo lebih dari satu buat daftarnya. Daftar akan memandu apa yang ingin kamu lakuin. Start dari daftar yang kamu udah susun. Daftar adalah langkah awal menuju penciptaan karya yang orisinil. 
  2. Bawa catatan kemana-mana. Usahain kantongin buku notes kecil dalam sakumu. Kapan kamu nemuin ide, atau sesuatu yang menginspirasi kamu segera tulis dan jangan biarin mengendap karena ntar lupa.
  3. Nulis bebas aja. Kalo kamu pengen nulis apa-apa yang ada di kepalamu, nulis bebas aja gak perlu terstruktur rapi ngikutin pakem-pakem penulisan yang bener. Yang paling penting ide kamu kecatat.
  4. Jauhi komputer. Komputer bisa bikin kecanduan, entah itu kamu browsing gak kenal henti, main game yang ngabisin waktu, sesekali coba pergi menyepi, menyendiri buat nyari inspirasi.
  5. Berhenti nyalahin diri. Kalo kamu nemuin ide tapi kamu gak bisa ngasilin sesuatu dengan ide itu, gak perlu nyalahin diri. Buat diri tenang dna rileks aja. Nanti pelan-pelan bakalan nemuin cara gimana ngasilin sesuatu dengan ide itu.
  6. Istirahat, ambil jeda. Jangan kerja terus, tubuh juga perlu istirahat. Pikiran pun perlu jeda. Setelah istirahat kamu bakalan segar dan siap bekerja lagi,
  7. Mandi di shower. Banyak orang yang nemuin inspirasi di kamar mandi. Nyegar-nyegarin pikiran itu bisa nemuin banyak ide-ide dan inspirasi.
  8. Minum kopi. Pikiran bisa di charge dengan segelan kopi nikmat. Kalo gak mau kehabisan ide, jangan lupa sering-sering minum kopi.
  9. Dengerin musik baru. Musik bisa bikin hati senang. Kalo ada lagu baru, cobalah ikut nyanyi dan bergoyang.
  10. Terbuka pada ide-ide baru. Jangan menutup diri dengan ide-ide segar yang ada di luar. Orang seneng dengan perubahan.
  11. Kelilingi diri dengan orang kreatif. Temen banyak pengaruhnya buat jati diri seseorang. Kalo kamu bertemen dengan orang-orang kreatif pasti kamu ikutan ketularan kreatif.
  12. Minta umpan balik. Kalo kamu ketemu orang yang ngagumin hasil karyamu, minta umpan balik dari mereka. masukan dari mereka dengerin buat ngasilin karya yang lebih baik.
  13. Kerjasama. Jangan suka kerja sendiri. Kalo banyak orang, banyak kepala yang punya ide, disatuin bisa ngasilin karya yang luar biasa.
  14. Jangan menyerah. Kalo belum ketemu jalan buat ngasilin sesuatu, jangan menyerah. 
  15. Berlatih, berlatih, latihan. Makin banyak latihan makin mahir. Practice makes perfect.
  16. Terima kalo diri buat kesalahan. Kesalahan itu wajar. Dari kesalahan kita belajar menghasilkan karya yang benar.
  17. Jelahi tempat baru. Jadilah tukang jalan. Jangan tinggal di tempat yang sama terus menerus. Banyak jalan, banyak dilihat, banyak pengalaman.
  18. Hitung berkahmu. Selalulah bersyukur. Hati yang selalu bersyukur bakalan lebih mudah buat nerima masukan dan ide-ide di sekelilingnya.
  19. Nyantai. Gak perlu terlalu ngerisauin apa aja yang terjadi di sekitar kamu. Hadapi hidup dengan nyante.
  20. Berani ngambil resiko. Tantang ketakutan kamu dengan keberanian ngambil resiko. Kamu bakalan tau sejauh mana kekuatanmu kalo kamu berani ngadepin ketakutan itu.
  21. Sesekali langgar aturan. Gak perlu takut, kalo sesekali langgar aturan, apalagi kalo aturannya terlalu kaku dan ngehambat kreativitasmu. (baca : mengapa jadi orang yang anti mainstream itu nyenengin?)
  22. Jangan maksa diri. Kamu harus tau sampe di mana batasan kamu, Jangan maksain diri. Sesuatu yang dipaksain hasilnya gak bakalan bagus.
  23. Baca kamus. Temukan kata-kata baru dari bahasa asing tertentu yang bisa jadi menginspirasu kamu buat ngasilin sebuah karya.
  24. Ciptain kerangka kerja yang jelas. Jangan asal kerja. Buat perencanaan dan kerangka kerja yang jelas, agar ada yang jadi acuan kamu. Dan kalo gagal kamu bisa tau keslahannya di mana.
  25. Gak usah jadi sempurna. Gak ada manusia yang sempurna. Kalo kamu mau jadi sempurna itu artinya gila. Justru dengan ketidak sempurnaan itu kamu harus ngasilin sesuatu yang diliat orang lain sempurna dan hebat.
  26. Dapat ide, tulis! Jangan biarin ide kamu nganggur, gak dicatet apalagi gak dieksekusi. Lakuin sesuatu berdasarkan apa yang telah kamu tulis dalam buku catatan itu.
  27. Senang-senanglah ! Gak perlu terlalu serius dan berkutat dengan karyamu terus menerus. Kebosanan bisa membunuh lho! Kelo
  28. Selesein satu demi satu. Kerjaan gak akan optimal kalo kamu mau nyelesein semuanya sekaligus. Harus diselesein satu-satu dan bertahap.
Itulah 28 tips gimana agar selalu jadi kreatif dimanapun berada.


0 comments:

Post a Comment

Contributors

My photo
Saya ibu dari dua anak yang suka menulis di sela-sela waktu senggang, berharap bisa memberi sedikit manfaat bagi pembaca

Blog Archive

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}